Gagal Lelang, Diskum TK SKPD Paling Rendah Serapan Anggaran

  • Whatsapp
Gagal Lelang, Diskum TK SKPD Paling Rendah Serapan Anggaran

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Dinas Koperasi Usaha Menengah dan Tenaga Kerja (Diskum TK) menjadi SKPD yang paling rendah dalam menyerap anggaran sepanjang tahun 2019 di lingkup pemerintah Kota Banjarmasin.

Hal ini diungkapkan oleh Walikota Banjarmasin disela kegiatan Refleksi akhir tahun guna menerangkan apa saja pencapaian yang sudah diraih dalam selama kepemimpinannya di tahun 2019, pada Minggu 29/12/2019 di Banjarmasin.

Menurutnya, serapan anggaran Diskum TK sepanjang tahun 2019 hanya mampu mencapai persentasi angka 53,22 persen dari total keseluruhan Rp9,6 Miliar. Ibnu menyebut dinas tersebut hanya menyerap 50 persen dari anggaran yang sudah disiapkan oleh Pemko Banjarmasin.

Diskum TK SKPD Paling Rendah Serapan Anggaran

Sementara itu, PLT Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Tenaga Kerja, Norbiansyah mengakui minimnya serapan tersebut dikarenakan pihaknya mengalami gagal lelang yang dilakukan oleh LPSP dalam mencari tender pembangunan gedung BLK (Balai Latihan Kerja) Kota Banjarmasin.

BACA JUGA:  Ketua Terpilih Organda Trisakti Resah Menunggu SK

“Itu terjadi karena saat lelang kemarin, kami belum menemukan tender untuk pembangunan gedung BLK,” ujarnya saat ditemui wartaniaga.com di ruang kerjanya, (30/12).

Dijelaskannya, sebelumnya memang sudah ada 1 tender yang mengikuti lelang tersebut, namun ada beberapa hal yang tidak memenuhi syarat sehingga sampai saat ini belum ada yang menjadi pemenang lelang.

“Makanya lelang yang gagal kemarin itu dibuka kembali untuk menyelesaikan pembangunan gedung ini,” ungkapnya.

Jika lelang tersebut sudah mendapat pemenang, Norbi menambahkan, anggaran yang diberikan kepada pihaknya pasti secara keluruhan terserap secara sempurna dengan syarat pembangunan tersebut terlaksana.

“Anggaran yang belum terserap itu kan semuanya untuk pembangunan BLK, kalau saja itu sdh terlaksana, serapan kami pasti diatas 90 persen. Dari segi program untuk tahun 2019 pun sudah terlaksana semua,” pungkasnya.

BACA JUGA:  BKPP Belum Tegas Terhadap ASN Bermasalah

Ia menganggap hal tersebut menjadi catatan tersendiri bagi instansi yang ditanganinya itu. “Ini menjadi catatan dan pembelajaran bagi kami, agar bisa lebih baik dalam melakulan serapan anggaran yang sudah dipercayakan pada kami,” tutupnya.

Reporter : Fadlan Zakiri
Editor : Muhammad Zahidi
Foto : Fadlan Zakiri

Pos terkait