Batu Permata dan Potensi Wisata

  • Whatsapp
permata
L

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Perhiasan batu permata Kalimantan masih menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan. Terbukti, toko-toko batu pertama yang berada di kawasan Cahaya Bumi Selamat (CBS) Martapura selalu ramai dikunjungi pembeli.

Menurut pemilik The Zamrud Plaza, Nadhillah pembeli batu permata masih didominasi oleh orang luar daerah.
“Akhir pekan, ada event dan hari libur nasional merupakan waktu dimana pembeli dari luar daerah banyak mencari batu permata Kalimantan” terangnya.

Dikatakanya, batu permata masih menjadi yang paling banyak dicari wisatawan sehingga ini menjadi potensi yang tetap harus dikembangkan dan didukung pemerintah.  “Kami sangat bersyukur Bank Indonesia menjadi salah satu pembina kami para pedagang batu permata” ujarnya seraya menambahkan bank Indonesia juga sering mempromosikan produk mereka diberbagai kegiatan.

BACA JUGA:  Meindo Film Ajak Sekolah Kembangkan Potensi Siswa Lewat Film

Sementara itu, salah seorang pecinta batu permata mengaku sangat suka dengan hasil produksi dari kabupaten Banjar ini.  “Saya sudah sejak dulu menggunakan cincin produksi dari Serambi Mekah ini” ujar Abdul Wahid kepada Wartaniaga.com.

Dikatakan pria yang juga Bupati Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) ini, batu permata bukan hanya dinilai dari harganya saja tetapi juga kecocokan dan kenyamanan saat digunakan.

“Bagi saya untuk memilih perhiasan batu permata ini tidak memandang bentuk atau nama dari Batu itu, tetapi dengan perasaan hati. Apabila berkenan di hati dan merasa senang dengan bentuk serta tampilan permata tersebut maka akan saya beli,” papar politis Golkar yang juga digadang-gadang akan mendampingi Sahbirin Noor pada pilkada 2020 mendatang.

BACA JUGA:  Selain Keramat, Makam Datu Qabul Jadi Wisata Religi

Perhiasan Batu Permata Kalimantan

Bagi Wahid, batu permata Kalsel memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan termasuk yang terbaik di Indonesia sehingga sangat layak untuk menjadi bagian promo wisata Kalsel. “ Batu permata layak menjadi salah satu produk unggulan Kalsel untuk menarik wisatawan di samping tempat wisata dan produk lainnya seperti Sasirangan” paparnya.

Bupati HSU dua periode ini mencontohkan kerajinan tangan yang dimiliki kabupaten yang sudah banyak dibeli oleh wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia. “ Mari kita bersama-sama menjadikan produk daerah sebagai unggulan dan buah tangan bagi wisatawan termasuk batu permata” ajak Wahid.

Reporter : Edhy Dharmawan
Editor : Didin Ariyadi
Foto : Edhy Dharmawan

Pos terkait