Paman Birin Jadikan Uncle Hard Enduro, Sarana Promosi Wisata

  • Whatsapp
paman birin

Wartaniaga.com, Martapura – Wujud kepedulian Gubernur Kalsel dalam memajukan olahraga dan mengembangkan potensi objek wisata di Kalimantan Selatan dapat acungan jempol dari Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali ketika menghadiri pembukaan kejuaraan dunia Uncle Hard Enduro 2019 di Kiram Park, Karang Intan Kabupaten Banjar, Jumat 22/11/2019.

“Sangat luar biasa, jika tidak ada dukungan penuh dari pak Gubernur mungkin acara ini tidak bisa terlaksana,” ucapnya disela pembukaan acara Uncle Hard Enduro 2019.

Ia menyampaikan dukungan penuh atas terselenggaranya event ini sebagai upaya dalam mengembangkan bakat telenta rider lokal sekaligus mengenalkan potensi alam Indonesia yang dimiliki oleh Kalimantan Selatan pada dunia.

Selain itu Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor mengatakan Uncle Hard Enduro 2019 di Kiram Park ini merupakan ajang olahraga wisata (sport tourism) yang ditujukan untuk masyarakat banua yang mencintai lomba balap motor serta upaya menjalin persahabatan dengan negara luar.

BACA JUGA:  2 Raperda Belum Disahkan Jelang Prolegda DPRD

“Ini merupakan momen yang pas untuk memperkenalkan potensi sport tourism yang dipunyai Kalsel ke mata dunia,” tambahnya.

Menurut pria yang kerap dipanggil Paman Birin ini, cara yang dipakai dalam mengenalkan potensi alam Kalimantan Selatan tersebut sudah pas dan akan menjadi populer untuk mengembangkan destinasi wisata di suatu daerah.

“Kalsel sangat kaya akan wisata alamnya, terutama kawasan Geopark Meratus,” jelasnya.

Ia sadar bahwa 20 % dari pertumbuhan ekonomi di Kalsel berasal dari sektor pertambangan batubara, dan suatu saat ujarnya hasil bumi tersebut akan habis.

“Karenanya pemprov Kalsel harus perlahan mengubah haluan ke sektor yang terbaru, salah satunya sektor wisata,” katanya.

paman birin

Berdasarkan data United Nation Word Tourism Organization, sport tourism memilki nilai potensi sekitar 600 juta Dolar Amerika Serikat, atau mencapai Rp 8,5 triliun, dengan pertumbuhan sebesar 6% pertahunnya.

BACA JUGA:  Hanya Peringatan, Dijadikan Tempat Prostitusi dan Tanpa Izin Usaha

“Peserta yang datang dari luar maupun dalam negeri pasti tidak hanya ingin melakukan balapan, tetapi juga ingin menikmati pariwisata dan panorama alam yang dimiliki Kalsel,” tutup Paman Birin.

Sementara itu kegiatan Uncle Hard Enduro 2019 ini juga diikuti oleh 17 pembalap kelas dunia, mereka akan bersaing untuk menjadi yang terbaik. diantaranya datang dari Afrika Selatan, Ausralia, Austria, Belanda, Rumania, Jerman, Kanada, Selandia Baru, Italia dan Iran. Sedangkan tuan rumah sendiri menurunkan 5 pembalap yang akan ikut berlaga.

Reporter : Zakir
Editor : Muhammad Zahidi
Foto : Ist

L

Pos terkait