Sekdaprop Harapkan KUR Dimanfaatkan, Demi Majukan UMKM

  • Whatsapp
umkm bjm1

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Kesempatan yang dibuka pemerintah dalam peningkatan pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) belum dimanfaatkan dengan baik oleh pelaku usaha. Pasalnya, dari jumlah 472 ribu pelaku usaha, hanya dibawah 10 persen yang memanfaatkan KUR.

Sekdaprov Kalimantan Selatan, Abdul Haris Makkie mengatakan, dalam sambutannya di event Expo Pembiayaan dan Gelar Produk UMKM, Sabtu (23/11) di Menara Pandang. Kesempatan tersebut sebenarnya bisa meningkatkan UMKM agar berpenghasilan lebih besar lagi serta bisa mendorong UMKM di Kalsel naik kelas.

Muat Lebih

“Yang kita harapkan pelaku usaha bisa memanfaatkan fasilitas yang disiapkan oleh Bank pelaksana KUR sehingga dari sisi permodalan mereka bisa lebih berkreatifitas dengan modal yang cukup,” ucapnya kepada wartawan wartaniaga.com, Sabtu (23/11).

BACA JUGA:  IWAPI Kalsel Fokus Bina Sektor Usaha Mikro

Haris Makkie melanjutkan, disinyalir pemanfaatan fasilitas KUR dibawah sepuluh persen tersebut, karena masih banyak yang menggunakan jasa peminjaman non Bank atau rentenir dengan jalur lain.

umkm bjm

“Mereka yang tidak menggunakan fasilitas KUR, tentunya harus dipatahkan, mungkin saja karena persyaratan, serta regulasi yang sulit untuk dipenuhi yang mengakibatkan kurang dari sepuluh persen dari 472 ribu pelaku usaha hanya ada 46 ribu yang meggunakan fasilitas KUR,” ucapnya.

Sementara itu, Haris Makkie menambahkan sektor UMKM ini dapat merekrut tenaga kerja dari 472 ribu pelaku usaha dengan peningkatan pendapatan masyarakat secara langsung dengan berhubungan kegiatan UMKM.

“Kegiatan ini sangat strategis, perlu dukungan kita bersama tidak hanya pemerintah tetapi juga para pelaku usaha, pembisnis lainnya perlu melakukan upaya intervensi terhadap kegiatan UMKM ini,” tutupnya.

BACA JUGA:  YLK : Program Tahun Ini Fokus Pada Edukasi Konsumen

Reporter : Aya
Editor : Hamdani
Foto : Aya

Pos terkait