Hindari Bullying, Disdik Banjarbaru Wajibkan SRA

  • Whatsapp
Bulliying

Wartaniaga.com, Banjarbaru – Upaya mengatasi persoalan bullying di kalangan pelajar saat ini, Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru wajibkan Sekolah di wilayahnya bangun SRA (Sistem Ramah Anak).

Menurut Kepala Disdik Kota Banjarbaru, Muhammad Aswan, untuk membentuk kesadaran terhadap bullying ini perlu adanya pembinaan khusus di sekolah. Banyak dampak negatif yang dapat ditimbulkan oleh tindakan ini, seperti, kehilangan kepercayaan diri hingga prestasi.

“Dari sini lah SRA dibuat untuk apa tujuan banyak, tapi kalau ini masih ada maka jiwa PD pada anak di kalangan pelajar akan hilang,” ujarnya kepada Wartaniaga.com di ruang kerjanya, Kamis (14/11).

Ia mengakui, bullying juga dapat menghambat perkembangan serta kemajuan untuk mengasah kemampuannya dalam mengejar prestasi. Akan tetapi, apabila ini benar diterapkan oleh sekolah maka hal tersebut dapat mengurangi resiko dalam tindakan yang negatif hingga dapat mencapai prestasi yang diinginkan.

BACA JUGA:  Peduli Masyarakat, Polda Kalsel Gelar Bakti Kesehatan

Bulliying di Sekolah Sering Terjadi

“Banyak yang bisa dijadikan prestasi, dari sekolah sehat Kemenkes, sekolah bersih dari Adiwiyata, itu saja sangat positif sekali untuk menghindari bullying itu,” bebernya.

Bulliying

Kemudian, Aswan, melanjutkan, apabila sekolah yang masuk dalam Disdik Kota Banjarbaru tidak memahami hakekat dengan adanya Sistem Ramah Anak atau SRA ini, maka akan terpikirkan hal negatif hingga akhirnya pihak sekolah merasa terbebani hal tersebut padahal tidak.

Bulliying Dikalangan Pelajar

“Kalau dikerjakan pihak sekolah maka hasilnya akan positif, namun, kekhawatiran mereka terhadap bullying ini lah justru harus dipahami,” tandasnya.

Ia berharap, dengan adanya tiga program yang disebut juga tematik ini yaitu Adiwiyata, SRA dan Sekolah Sehat dapat menjadi panduan agar terciptanya kenyamanan dalam belajar dan bebas tanpa harus membully satu sama lain.

BACA JUGA:  Pengurangan Konsumen Rokok 'Digenjot' Melalui 'Kabar Baru'

“Ajarilah bagaimana bekerjasama dan ajak kegiatan positif, harapannya agar sekolah bisa menerapkan program yang tiga ini supaya berjalan sukses dan lancar,” tutupnya.

Reporter : Riswan
Editor      : Hamdani
Foto        : Riswan

Pos terkait