logo wartaniaga

Media Digital Sarana Pengembangan UMKM

Wartaniaga.com, Banjarbaru – Pemanfaatan media digital dan teknologi internet menjadi salah satu sarana yang tepat untuk mengembangkan bisnis dan usaha kecil menengah. Demikian diungkapkan Kepala Perwakilan Wilayah, Bank Indonesia Kalimantan Selatan, Herawanto saat Bank BI mengadakan temu Respoden 2019 dan Onbording UMKM bertemakan “ Bisnis dan UMKM Unggul Go Digital”.

Diungkapkannya, pemanfaatan teknologi digital saat ini sangat tepat disaat pertumbuhan ekonomi global melambat dan penggunaan tekhnologi berbasis internet ini sudah digunakan seluruh dunia. “ Sudah saatnya Usaha Mikro dan Kecil Menengah (UMKM) go digital” ucapnya, Rabu (2/10).

Herawanto mengatakan acara ini bertujuan sebagai wujud terima kasih dan penghargaan BI terhadap responden dan pengumpulan masukan data dari survey yang sangat berguna baik di Jakarta maupun perwakilan BI di Kalsel.

BACA JUGA:  Ini Syarat Untuk Menjadi Entrepreneur Sukses Menurut Sandiaga Uno

Selain itu, pemanfaatan teknologi digital paling efektif dan penting dalam mengefisensikan perekonomian dan melancarkan transaksi perekonomian nasional. “ Lebih efektif dan efesien dalam segala sektor” katanya.

Sementara itu, Wakil Walikota Banjarbaru, Darmawan Jaya Setiawan menilai sudah saatnya teknologi digital dimanfaatkan secara maksimal oleh pelaku usaha sektor UMKM. “ Pemerintah daerah terus mendorong pemanfaatan teknologi agar mereka bisa akses dan naik kelas baik secara mandiri maupun berkelompok” paparnya.

Untuk itu, sambungnya pemkot Banjarbaru membantu para pelaku UMKM membentuk komunitas forum kreatif Banjarbaru yang di dalamnya terdiri dari Akademisi, pelaku Bisnis dari Pemerintah serta dari Media dan para UMKM itu sendiri.

Darmawan Jaya Setiawan berharap dengan terbentuknya “Komunitas Forum Kreatif “ tersebut menciptakan ekosistem dalam pengembangan UMKM ini sehingga bersama-sama dalam pengembangan ekonomi Digital di Banjarbaru.

BACA JUGA:  CHICKEN PLANET INDONESIA. Tawarkan Kemitraan Syariah, Free Lisensi dan Royalti

“Komunitas tersebut diharapkan mampu meningkatkan daya saing secara sehat dan kreatif dalam menjalankan usaha mereka,” pungkasnya.

Narasumber pada acara ini hadir Claudio Faldo dan M Riva Yozi keduanya dari Shopee Indonesia, Achmad Jafar Al Fakhry dari MOKA, Amiranto Ari Wibowo Indonesia in Your Hand, Galuh Arumsany perwkilan BRI serta Ronny Bertho Dharmawan dari BNI perwakilan Banjarmasin.

Reporter : Edhy Dharmawan
Editor : Didin Ariyadi
Foto : Edhy Dharmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *