logo wartaniaga

Tak Semua Orang Bisa Bikin Paliat

Wartaniaga.com, Paringin – Sebagai makanan khas Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan, masakan paliat tentu tidak asing lagi bagi pencinta kuliner lokal termasuk kabupaten tetangganya yakni Kabupaten Balangan.

Masakan paliat sendiri terdiri dari santan kental yang dicampur dengan berbagai macam ikan sungai seperti ikan Baung dan ikan Patin serta jenis ikan laut seperti Udang dan Pipih.

Mama Mega, selaku penjual masakan paliat dipasar Paringin, mengatakan tidak semua orang bisa membuat masakan paliat, bahkan orang yang berada di desa Paliat (Red : sebuah desa di Kabupaten Tabalong).

“Walaupun orang yang tinggal di desa Paliat tidak semuanya yang bisa membuat masakan paliat,” ucapnya kepada wartaniaga.com (29/9).

BACA JUGA:  Selain Keramat, Makam Datu Qabul Jadi Wisata Religi

Mama Mega, menjelaskan meski resep dan bumbu sudah diberitahukan, akan tetapi rasa dan tekstur masakan paliat tidak akan sama seperti orang yang paham dengan proses pembuatannya.

“Hanya orang yang paham dengan masakan paliat yang bisa memasaknya,” paparnya.

Sementara itu, ia menyebut dalam seharinya dirinya mampu menjual atau menghabiskan 500 porsi masakan paliat, bahkan tak jarang bisa lebih dari jumlah tersebut pada akhir pekan.

“Kami berjualan Sabtu, Minggu seharinya biasanya menghabiskan 20 liter beras dan 100 kg ikan Baung, Patin serta Udang,” singkatnya.

Reporter : Aditya
Editor : Mukta
Photo : Aditya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *