DPRD Banjarmasin Rencanakan Masa Jabatan AKD 2,5 Tahun

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin – PDIP telah tuntas membentuk fraksi di DPRD Banjarmasin, dengan perolehan 5 kursi, PDIP membentuk fraksi sendiri dan meraih posisi salah satu unsur pimpinan dewan. Ketua fraksi PDIP, Suyato mengatakan pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) akan dilakukan pekan ini nantinya.

“Nanti Insya Allah dalam satu-dua hari ini sudah bisa selesai. Untuk penempatan di komisi, dan masih belum ditentukan orang-orangnya siapa,” ujarnya kepada sejumlah wartawan di Gedung DPRD Kota Banjarmasin, Senin (16/9).

Muat Lebih

Kemudian pihaknya dalam penempatan keanggotaan di komisi berdasarkan latar belakang dan pengalaman, serta musyawarah. “Jadi posisi AKD, sementara per satu tahun,dan Bammus dan Badan Kehormatan 2,5 tahun,” tuturnya.

BACA JUGA:  Diisi 120 Pengurus, Hipmi Siap Bersinergi dengan Pemerintah

Sementara itu, Ketua Fraksi Partai Demokrat Bambang Yanto Permono mengungkapkan, wakil rakyat dari anggota parpolnya akan ditempatkan di komisi – komisi sesuai dengan bidang masing – masing dan pengalamannya.

Tentunya ini akan memudahkan dalam melaksanakan kerja legislatif dan menyalurkan aspirasi konstituennya masing – masing nantinya, “Tetapi kita menginginkan kepada kawan – kawan setelah dibentuk komisi tersebut untuk bekerja lebih giat dan rajin serta maksimal,” ungkapnya.

Dikatakannya, berdasarkan pembicaraan lintas fraksi di DPRD Banjarmasin, masa jabatan di AKD diusulkan selama 2,5 tahun menyesuaikan masa jabatan Banmus dan BK, namun sebagian fraksi masih menginginkan masa jabatan sama seperti periode sebelumnya, yaitu setahun lamanya.

BACA JUGA:  Tahun ini Tiga Jembatan di Sungai Lulut Diperbaiki

“BK dan Banmus masa jabatan selama 2,5 tahun, sedangkan komisi, Banggar, dan Bapemperda setahun. Lucu jadinya. Semoga bisa terakomodir semua, kemungkinan masa jabatan 2,5 tahun,” terangnya.

Disampaikannya, sebelum terbentuknya AKD disebabkan lambatnya disahkan unsur pimpinan dewan definitif, sebab tatib disahkan pimpinan definitif bukan pimpinan dewan sementara yang tidak bisa mengambil kebijakan strategis dan baik.

 

Reporter : Fathurrahman
Editor : Mukta
Photo : Fatuhurrahman

Pos terkait