Deddy : Negara Harus Hadir Mengakhiri Dinamika Kenaikan Iuran BPJS

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Anggota DPRD Kota Banjarmasin turut mengomentari soal kenaikan iuran Badan penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Anggota DPRD Kota Banjarmasin dari fraksi PKB Deddy Sophian meminta negara hadir untuk menyelesaikannya.

Menurutnya untuk rencana pihak BPJS menaikkan iuran bagi masyarakat yang tergabung dalam keanggotaan tahun 2020 nanti memang dianggap sangat menjadikan beban masyarakat, khususnya bagi mereka yang tidak mampu membayarnya.

Muat Lebih

“Jadi saya menolak dengan tegas rencana menaikan iuran BPJS Kesehatan pada 2020,” ujarnya kepada wartaniaga.com, Senin (16/9) malam.

BACA JUGA:  644 Atlet Pelajar Kalsel Ikuti KOPDA 2019

Menurutnya, dalih defisit keuangan BPJS Kesehatan tidak lantas harus dibebankan kepada masyarakat, baginya banyak cara yang harus dilakukan pemerintah untuk mengatasi permasalahan tersebut.

“Misalnya terkait degan perbaikan dan penyelesaian data cleansing terhadap sisa data dari hasil audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) harus diteliti,” tuturnya.

Selain itu, pemerintah dalam hal ini kementrian Kesehatan juga harus memperbaiki sistem pelayanan kesehatan termasuk pemenuhan infrastruktur dan SDM kesehatan untuk masyarakat.

Namun negara harus hadir dengan permasalahan ini, banyak langkah yang harus dilakukan oleh pemerintah.

“Bisa dengan cara subsidi silang pada anggaran yang ada membiayai BPJS bagi masyarakat menengah ke bawah,” tutupnya.

Reporter : Fathurrahman
Editor : Mukta
Photo : Fathurrahman

Pos terkait