logo wartaniaga

19 Bangunan Hangus Akibat Kebakaran di AKB

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Musibah kebakaran yang terjadi kemaren di jalan Antasan Kecil Barat (AKB) ternyata menghanguskan 19 bangunan yang mengakibatkan 25 kepala keluarga (KK) dan 82 jiwa harus kehilangan tempat tinggal.

Pantauan wartaniaga.com sebanyak 25 kk yang terimbas musibah kebakaran tersebut terpaksa ikut menginap ditempat sanak keluarga masing-masing. korban musibah kebakaran pun masih mencari sisa harta benda mereka yang masih bisa dipakai untuk keperluan sehari-hari.

Ketua Rt 16, Mahfut, menjelaskan paling banyak yang terkena musibah tersebut adalah warga yang bertempat tinggal di wilayahnya yaitu sebanyak 15 rumah dan mengakibatkan 20 kepala keluarga dan 64 jiwa kehilangan tempat tinggal.

“Warga kami yang paling banyak mengalami musibah kebakaran dan mereka juga merasa trauma dengan kejadian ini,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Piawai Berbahasa, Jembatan Menuju Kesuksesan

Menurut Mahfut saat ini warganya masih memilah milah barang barang yang tersisa akibat musibah kebakaran tersebut,” sambil mencari barang berharga yang masih bisa dimanfaatkan,” katanya.

Sementara itu, Ketua Rt 12, Majedi, menuturkan, warganya yang terkena musibah di wilayahnya hanya tiga rumah terdiri dari 5 kk dan 18 jiwa.

“Hanya sekitar tiga rumah yang terbakar, alhamdulillah tidak banyak rumah lingkungan Rt kami yang ikut terbakar,” ungkapnya.

Sebelumnya Kepala Pelaksana BPBD Kota Banjarmasin, M. Hilmi mengungkapkan inseden yang menghabiskan 18 buah rumah dan 1 bedakan 3 pintu sehingga membuat 25 KK serta 82 jiwa kehilangan tempat tinggal tersebut disertai dengan korban luka bakar atas nama Syarifah Zainab dengan kondisi luka bakar 40 persen diderita.

BACA JUGA:  Lebaran Lewat Kebutuhan Alat Tulis Meningkat

Adapun soal sebab akibat dan taksiran kerugian daripada kebakaran tersebut Hilmi enggan menjawab, karena masih dalam penyelidikan aparat kepolisian.

“Belum bisa pastikan pemicu kejadian ini, semua masih dalam tahap penyelidikan oleh kepolisian,” tutupnya.

Hilmi menghimbau kepada masyarakat Banjarmasin hendaknya memperhatikan semua alat dan benda yang mudah terbakar. Kemudian memastikan kondisi kelistrikan di rumah tersebut dalam kondisi aman.

“Kompor, kelistrikan, dan semua benda yang mudah terbakar diimbau agar diperhatikan warga. mari semua tingkatkan kewaspadaan musibah kebakaran,” ucapnya.

Reporter : Alfian Noor/Riswan
Editor : Mukta
Photo : Alfian Noor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *