Loading...
3 views

SSN Gandeng UMKM Banua untuk Maju Bersama

Wartaniaga.com,Banjarmasin- Kehadiran Serikat Saudagar Nusantara (SSN) di Banjarmasin dalam rangka road show 54 kota di Indonesia membawa angin segar bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).  Betapa tidak, banyak strategi dan peluang yang dipaparkan menjadi modal agar UMKM dapat saling bersinergi dan naik kelas.

Menurut Ketua Umum Serikat Saudagar Nusantara, Rendy Saputra, kehadirannya bukan sekedar wadah untuk   kumpul-kumpul dan seminar tetapi ingin bersama-sama memajukan pelaku usaha kecil.

“ Berdasarkan data dari statistik Indonesia jumlah UMKM di negeri ini sekitar 54 juta, jumlah yang sangat banyak namun kurang mendapat perhatian.  Untuk itulah kami hadir, memberikan perhatian kepada pelaku usaha kecil dan start up” terangnya kepada wartaniaga.com di Banjarmasin, Selasa (25/9)

BACA JUGA:  Habib Banua Lamar Golkar dan Demokrat

Dikatakan Rendy, SSN ingin menjadi fasilitator edukasi bagi UMKM serta menjadi penghubung dengan pemerintah.  “ Kami juga menjadi advokasi bagi mereka untuk membina hubungan dengan pemerintah” ujarnya seraya menambahkan dirinya sudah bertemu dengan Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina.

Dirinya berharap UMKM di Banua dapat maju dan berkembang, bukan hanya berharap pada sumber daya alam tetapi  juga pada industri pengolahan.

“ Sudah saatnya pelaku usaha di Banjarmasin lepas dari industri ekstraktif yang hanya bertopang pada sumber daya alam. Banjarmasin harus berkembang menjadi kota dagang dan industri, dibagian inilah UMKM meski mengambil peran” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua SSN Kalsel, Aulia Rahman, ST menuturkan, kegiatan  ini merupakan program pusat untuk menuju Kopdar Saudagar Nusantara yang akan dilaksanakan pada bulan Desember mendatang.

BACA JUGA:  Tidak Tertib, Pemicu Utama Laka Lantas di Kalsel

“ Ini adalah rangkaian untuk menuju Kopdar Saudagar Nusantara, dilaksanakan di 54 kota di Indoesia termasuk Banjarmasin. Kopdar itu sendiri akan diselenggarakan pada Desember mendatang di Sentul” tutur pengusaha property ini.

Tujuan SSN ini, sambung Aulia untuk menyatukan UMKM yang tergabung dalam berbagai komunitas yang ada di Banjarmasin.

Loading...

“ Kami ingin UMKM di Banjarmasin saling bersinergi agar bisa lebih maju, mampu mendistribusikan bahan dari hulu ke hilir. Jangan seperti sekarang yang terkesan masih berjalan sendiri-sendiri” katanya.

Baginya, satu-satunya jalan untuk itu  adalah dengan saling bersinergi, perlu komunitas dan jejaring. Untuk itulah SSN merangkul semua komunitas, mulai dari Hipmi, Hipmikindo, TDA, Alisa Khadijad dan lainnya.

BACA JUGA:  Hujan Buatan di Palangkaraya Merambah ke Banjarmasin

“ Saya berharap kedapan sinergi antar komunitas semakin baik dan berkelanjutan, semakin banyak komunitas yang begabung dengan SSN dan mari kita sama-sama bergandengan untuk memajukan UMKM Banua”  tutur pria yang juga Ketua Asprindo Kalsel ini.

Reporter : Fathur Rahman

Editor : Didin Ariyadi

Foto : Fathur Rahman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *