Berantas TPPO, Kemen PPPA Bentuk Gusus Tugas di Daerah

  • Whatsapp

Wartaniaga.com,Jakarta- Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) Republik Indonesia terus dilakukan. Salah satunya giat memberikan advokasi dan fasilitasi koordinasi kepada Pemerintah Daerah untuk membentuk dan mengaktifkan Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan TPPO (GTPP-TPPO) di daerah masing-masing. Menurut data hingga saat ini telah terbentuk 32 Gugus Tugas PP-TPPO di tingkat provinsi dan 194 Gugus Tugas kabupaten/kota.

Sementara untuk upaya preventif, Kemen PPPA juga telah menginisiasi pembentukan Komunitas Pencegahan dan Penanganan TPPO atau Community Watch di 255 desa pada 21 kabupaten/kota di Indonesia. Demikian disampaikan Asisten Deputi Perlindungan Hak Perempuan dari TPPO Kemen PPPA, Destri Handayani, saat konferensi pers bersama Polri dan Kementerian/Lembaga anggota GT PP-TPPO Pusat lainnya di Mabes Polri (13/9).

BACA JUGA:  H Iyun Tunggu Keputusan Partai

“Kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sekitarnya harus diperkuat agar tidak ada warga di daerah mereka yang menjadi korban TPPO,” ujar Destri seraya menambahkan bahwa pembentukan komunitas PP-TPPO bertujuan untuk membangkitkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap praktek-praktek tindak pidana perdagangan orang di daerah.

“Dengan melibatkan tokoh masyarakat, tokoh adat, pendidik, ibu-ibu PKK, organisasi masyarakat dan segenap lapisan masyarakat secara langsung, diharapkan mampu secara efektif membantu pemerintah dalam pemberantasan TPPO,” lanjut Destri lagi.

Dalam konferensi pers tersebut juga dipaparkan keberhasilan Direktorat Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri dalam mengungkap kasus TPPO yang menimpa seorang gadis asal Sukabumi berinisial ES (16 th), korban perdagangan orang di Malaysia. Kasus ini sebelumnya sempat viral dan melibatkan 6 orang tersangka yang merupakan jaringan tiga Negara dari Arab Saudi, Sudan dan Malaysia.

BACA JUGA:  Sambut HUT Ke-54, Bank Kalsel Siapkan Serangkian Acara

 

Realise Kemen. PPPA

 

Pos terkait