Demi Keamanan Penerbangan, Polda Kalsel Tes Urine Awak Pesawat

  • Whatsapp
Demi Keamanan Penerbangan, Polda Kalsel Tes Urine Awak Pesawat

Wartaniaga.com, Banjarmasin-  Direktorat Reserse Narkoba Polda Kalsel, Biddokes, Bidpropam dan Polres Banjarbaru bekerjasama dengan PT Angkasa Pura I Syamsudin Noor serta Pangkalan Udara TNI AU Syamsudin Noor melakukan tes urine kepada sejumlah awak pesawat. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kecelekaan pada penerbangan.

Direktur Reserse Narkoba Polda Kalsel Kombes Pol Muhammad Firman Norsya, mengatakan kegiatan ini  sebagai antisipasif penyalahgunaan narkoba di kalangan penerbangan. “Sebab, mereka yang  bertanggung jawab atas keamanan dan  keselamatan penumpang” ujarnya

Muat Lebih

BACA JUGA:  Harga Tiket Pesawat Masih Meroket

Tes yang dilakukan sejak pukul 05.00 hingga jam 13.00 wita ini dibagi menjadi dua bagian. Pada sesi pertama sebanyak 43 orang terdiri dari pilot sedangkan sesi berikutnya pukul 13.00 dilakukan tes urine terhadap kru dan pramugari awak pesawat.

“ Tes dilakukan petugas dengan memeriksa urine untuk mengetahui kandungan urine setiap awak pesawat meliputi  amfethamin, methamfitamin,  ganja,  ataupun zat adiktif lainnya. Dan terhadap para awak maskapai pada kegiatan ini tidak diketemukan unsur penyalahgunaan narkoba,” tutur Firman.

Dirinya  memastikan tidak menutup kemungkinan kegiatan serupa akan dilaksanakan kembali. Bahkan termasuk pelayanan transportasi lainnya baik darat dan laut demi menjamin keselamatan penumpang.

Reporter : ***

BACA JUGA:  Ini Cara yang Dilakukan PT DLU Mengurai Kepadatan Pemudik

Editor : Didin Ariyadi

Foto : Net

Pos terkait