330 Jukung Cetak Rekor Muri di HUT Bayangkara

  • Whatsapp
Salah satu formasi parade jukung HUT Bayangkara ke 72 Polda Kalsel

Wartaniaga.com,Banjarmasin- Hari Ulang Tahun (HUT) Bayangkara ke 72 Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) tahun ini  lebih meriah dari tahun sebelum. Pasalnya, jajaran Polda Kalsel mempertunjukan atraksi jukung hias di kawasan Menara Pandang, Siring Pear Tandean Banjarmasin.

Kegiatan ini dilakukan untuk memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) sebagai parade jukung terbanyak di Indonesia. Tercatat, sebanyak 330 jukung yang menghiasai sungai Martapura dengan berbagai hiasan khususnya merah putih.

Muat Lebih

Menurut, Kapolda Kalsel,  Brigjen Pol Rachmat Mulyana, pihaknya sengaja mengumpulkan jukung dalam rangka memperingati HUT Bayangkara ke 72.

BACA JUGA:  Dermaster buka cabang ke-12 di Banjarmasin

“Peringatan HUT Bhayangkara ke-72 tahun ini, sengaja saya kumpulkan 330 jukung yang dihias bendera merah putih. Saya berpikir kekhasan Kota Banjarmasin adalah perahu jukung yang biasanya dipakai acil-acil saat berjualan di Pasar Terapung di sini” katanya kepada sejumlah wartawan

Ditambahkannya, selain membentuk bendera merah putih, jukung-jukung itu juga membuat formasi angka 72 dan bunga teratai. Jumlah dan formasi inilah yang menjadikan Muri mencatat sebagai rekor terbanyak jukung.

Sementara itu, perwakilan Muri, Osmar Semesta Susilo mengungkapkan sesuatu yang bisa dicatat sebagai rekor harus memenuhi empat kriteria yakni ada inovasi teknologi, diukur, unik dan langka. “Namun, dalam even ini, kami mencatat adanya 330 jukung di atas Sungai Martapura.

BACA JUGA:  Jabatan Dirut PDAM diincar 13 Pelamar

Bagi Muri, Polda Kalsel telah membuktikan kepeduliannya terhadap wisata dan budaya lokal khususnya jukung sebagai nmoda transportasi masyarakat Banjar. “ Polda Kalsel terbukti peduli pada warisan kebudayaan lokal” ujar Osmar

Reporter : Edhy Dharmawan

Editor : Edhy Dharmawan

Foto : Uco Sugianto

Pos terkait