BTPN Wow ! Dorong Perluasan Akses Keuangan

Wartaniaga, Banjarmasin  – Guna memperluas akses keuangan bagi masyrakat Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bekerjasama dengan berbagai perbankan menjalankan program Laku Pandai. Program ini  merupakan Program Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif yang diluncurkan Maret 2015.

Laku  merupakan sebuah terobosan dari OJK bagi industry perbankan untuk menjangkau masyarakat di pelosok Nusantara.  Dalam menjawab inovasi Laku Pandai, BTPN menggagas BTPN Wow !, sebuah layanan perbankan bagai mass market yang memanfaatkan teknologo telepon genggam dan didukung jasa agen sebagai perpanjangan tangan bank untuk meningkatkan jangkauan layanan kepada nasabah di seluruh pelosok Indonesia.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

“ Laku Pandai merupakan konsep revolusioner yang mengubah peta prilaku masyarakat Indonesia dalam kegiatan perbankan.  Merupakan suatu kebanggaan bagi BTPN, dapat dipercaya menjadi salah satu pionir dalam inisiatif ini,’’ tutur Mohammad Reza Rizal, atau biasa dipanggil Reza.

Dengan hadirnya BTPN Wow!, kini masyarakat bisa menikmati berbagai layanan perbankan seperti pembukaan rekening, tarik dan setor uang melalui agen bank dengan biaya yang sangat murah.  Agen yang dimaksud bisa berbentuk warung maupun penjual pulsa, sehingga jangkauannya lebih menyebar luas sampai ke pelosok Tanah Air.

Nasabah juga dapat melakukan berbagai transaksi diantaranya mengirim uang, membeli pulsa dan tiket, serta membayar berbagai tagihan seperti : tagihan listrik, air melalui telepon genggam.  BTPN Wow ! menggunakan teknologi USSD atau Unstructured Supplementary Service Data yang dapat be roperasi di segala jenis telepon genggam berbasis GSM (tidak harus smsrtphone) meskipun dengan sinyal minimum.

Target nasabah BTPN Wow ! adalah masyarakat yang belum pernah memiliki rekening bank, tetapi mereka sudah terbiasa  menggunakan telepon seluler serta mengisi pulsa.  Dengan begitu, bagi mereka bertransaksi menggunakan ponsel bukan hal yang terlalu rumit.

“ Dengan dukungan semua pihak, kami berharap Laku Pandai dan BTPN Wow ! dapat membawa perubahan positif bagi masyarakat, sekaligus mewujudkan keuangan yang inklusif di Indonesia”, ujar Reza.

Dengan inisiatif tersebut, BTPN melalui BTPN Now ! masuk kedalam daftar “Fortune Change the World” yang merupakan daftar 50 perusahaan  di seluruh dunia yang dinilai telah melakukan kinerja baik dalam menyelesaikan masalah social sekaligus dapat memperoleh keuntungan.  Dalam daftar dirilis majalah Fortune edisi September 2016, BTPN melalui BTPN Wow ! dianggap berhasil membantu masyarakat yang belum terjangkau layanan perbankan di Indonesia dan memainkan peranan penting dalam inklusif keuangan di Indonesia.  BTPN merupakan satu-satunya perusahaan Indonesia yang masuk kedalam daftar tersebut.

Untuk memperluas jangkauan ke masyarakat, BTPN Wow !  Terus melakukan ekspansi melalui kerja sama dengan  berbagai pihak.  Salah satunya, bekerja sama dengan Telkomsel mengembangkan layanan keuangan terhubung antara TCASH dan BTPN Wow ! yang dipasarkan secara bersama.

Pengembangan BTPN Wow ! merupakan bagian dari inovasi BTPN dalam menjawab dinamika di masyarakat yang menuntut hadirnya layanan keuangan yang serba simple, serba cepat, namun tetap aman.  BTPN Wow ! menandai milestones awal proses transformasi BTPN untuk menjadi bank terbaik di Tanah Air yang akan mengubah peta persaingan bank dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat.

Sejak diluncurkan pada Maret 2015 hingga September 2017, total agen BTPN Wow ! mencapai lebih dari 200.000 agen dengan jumlah nasabah mencapai 4,3 juta orang di seluruh Indonesia. (edh)

Reporter : Edhi Darmawan

Foto : Edhi Darmawan

Pos terkait

banner 468x60