23 views

Memetik Rupiah dari Budidaya Jamur Tiram

WartaNiaga.com – Banjarmasin.  Jamur Tiram merupakan makanan yang kaya akan zat-zat yang bermanfaat untuk tubuh kita. Selain rasanya yang lezat bergizi, tumbuhan ini juga mengandung antioksidan dan serat yang tinggi. Oleh karena itu makanan ini banyak disukai oleh masyarakat.
Sebagai bahan untuk sayuran, jamur tiram juga diolah dengan berbagai varian makanan seperti Jamur krispy, kerupuk dan berbagai menu yang berbahan dasar jamur ini.

Akan banyaknya permintaan pasar Jamur Tiram dikalangan restoran dan mayarakat. Sedang pasokan jamur ini masih terbatas, karena belum banyak tersedia dipasar. Merupakan peluang usaha bagi pembudidaya jamur ini.

Adalah Safaat, yang membaca peluang bisnis ini. Awal ketertarikan akan budi daya ini, sewaktu dia diminta membuatkan rak-rak untuk menempatkan log jamur tiram ini oleh salah seorang teman.

BACA JUGA:  Usaha Merangkai Hijab hingga Bertemu Ibu Negara

Sebelumnya Safaat merupakan tukang serabutan, kemudian mencoba usaha jamur tiram ini dengan modal seadanya. Setelah mantab dia memulai usahanya dengan membeli ke Dinas Pertanian Kota Banjarmasin sebanyak 1000 baglog.

Kurang lebih 1,5 – 2 bulan jamur yang dibudidayakannya sudah menghasilkan atau panen, kalau musim panas dalam 1000 baglog bisa menghasilkan hampir 5kg/hari. Bila musim hujan hasilnya sampai dengan 10kg/hari. “ Jadi tergantung musim” paparnya.

Mengingat hasilnya kurang maksimal, Safaat mulai membuat sendiri bibit dan pembuatan baglog jamur tiram ini. Dengan memanfaatkan media internet , dia mencoba mempraktekkan sendiri pembuatan baglog-baglog tersebut.

Hasilnya, cukup menggembirakan dia bisa memotong anggaran untuk membeli baglog hingga 50% dan hasilnyapun cukup memuaskan. Adapun untuk pemasaran Safaat sudah mempunyai langganan dipasar dan beberapa restoran/café yang memanfaatkan jamur ini.
Jamur tiram ini tersedia di Dinas Pertanian Kota Banjarmasin, dengan harga Rp 5000/baglog. Satu baglog ini bisa menghasilkan 600 gram jamur tiram, tergantung dari cara perawatan dan lingkungan pembudidaya jamur ini.
Harga jual jamur tiram per 250 gram Rp 7.500,- atau Rp 30.000,- perkg. Dengan harga jual demikian, tak salah tanaman ini sangat berpotensi menjadi lahan bisnis bagi yang jeli membacanya.
Bagi yang langsung datang ketempat safaat, harga jual hanya Rp 25.000,-/kg. Beralamat di Jl Pangambangan RT 3 No 10 Banjarmasin. Selain itu dia juga senang berbagi ilmu dengan siapa saja untuk usahanya ini. Karena menurut dia, makin banyak kita berbagi ilmu makin banyak pula kita mendapatkan ilmu dari yang Maha Kuasa .
Meskipun usahanya ini sudah dijalaninya hampir setahun, dia tetap optimis dengan bisnis barunya ini. “ Orang lain mampu, kenapa saya tidak,’’ ungkapnya.

BACA JUGA:  Ini 7 Peluang Sampingan Bagi Mahasiswa

“ Kunci dari pembudidaya jamur tiram ini, harus telaten sabar. Menjaga kelembaban udara, menjaga kebersihan media dari ganguan rayap dan serangga”, papar Safaat.

Reporter : Edhi Darmawan
Editor : Edi Koesmono
Foto : Edhi Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *