Cegah Peredaran Narkoba, BNN Kota Banjarmasin Gelar Jumat Bersinar

Kepala BNN Kota Banjarmasin Kombes Pol Wuryantono saat memberikan sosialisasi bahaya narkoba ( Foto:EDH)

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Banjarmasin melaksanakan kegiatan Jumat Bersih Narkotika (Jumat Bersinar), bekerja sama dengan Kelurahan Sungai Andai, Jumat (22/3).

Bertempat di Kelurahan Sungai Andai, Kepala BNN Kota Banjarmasin Kombes Pol Wuryantono SIK MH usai kegiatan mengatakan bahwa kegiatan hari dalam rangka HUT BNN RI yang ke-22.

“BNN Kota Banjarmasin melaksanakan kegiatan Jumat Bersinar. Bekerja sama dengan Lurah Sungai Andai untuk melakukan sosialisasi pencegahan narkotika yang ada di kelurahan Sungai Andai,” tutur Wuryantono.

Kegiatan ini lanjutnya, sekaligus melaunching penggunaan Mobil Bungas BNN Kota Banjarmasin. Mobil ini merupakan pelayanan terpadu keliling dari pelayanan BNN Kota Banjarmasin.

Mobil Bungas ini melayani Surat Keterangan Hasil Pemeriksaan Narkotika (SKHPN), Permohonan Sosialisasi P4GN, Layanan Pengaduan Masyarakat P4GN serta Informasi Seputar Rehabilitasi.

“Selain melakukan pelayanan dengan Mobil Bungas, kita juga melakukan pelayanan via Online atau Digital dan yang kita sebut DILAN atau Digital Melayani BNN Kota Banjarmasin,” terangnya.

Ia menambahkan bahwa DILAN didalamnya ada pelayanan SKHPN, kemudian pelayanan NASI atau Sosialisasi Narkoba dan juga pelayanan informasi P4GN.

Kepala BNN Kota Banjarmasin (Kanan) memberikan penghargaan kepada Lurah Sungai Andai (kiri) di acara Jumat Bersinar (Foto:EDH)

Kepala BNN Kota Banjarmasin ini berharap bahwa kegiatan tidak dilaksanakan pada hari ini saja, Mobil Bungas BNN Kota Banjarmasin dengan layanan itu akan menyapa masyarakat seluruh warga Banjarmasin.

“Kita akan keliling di 52 kelurahan di wilayah Banjarmasin, tidak hanya di kelurahan bisa ke universitas, sekolah, terminal atau tempat umum lainnya.

Wuryantono menghimbau kepada masyarakat untuk menjauhi narkoba, karena narkoba adalah musuh kita semua.

“Narkoba harus kita jauhi dari pribadi kita, orang disekitar kita, untuk menjadikan Indonesia bersih dari Narkoba,” tandasnya.

Sementara itu, Lurah Sungai Andai Ahmad Dedi Fernadi SE MAB menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan kolaborasi kelurahan Sungai Andai dengan BNN Kota Banjarmasin melalui kegiatan pencegahan Narkoba.

Ia menyebutkan sebelumnya kelurahan Sungai Andai ditetapkan sebagai Kelurahan Bersinar yaitu kelurahan bersih narkoba.

“Didalamnya kami melakukan kegiatan atau menitikberatkan pada upaya pencegahan. Setiap RT akan kita bina dan edukasi tentang bahaya Narkoba,” jelas Dedi.

Dedi menyebutkan untuk jumlah RT di kelurahan Sungai Andai ada 72 dan ada 4 RW dan pada hari ini sebagian besar berhadir pada sosialisasi BNN Kota Banjarmasin.

“Untuk mengantisipasi masuknya Narkoba di wilayah ini, kami berkomunikasi dengan RT untuk mendeteksi warga, baik pendatang atau para penyewa baru,” terang Dedi.

Kemudian ia juga membikin spanduk himbauan bahaya narkoba dan juga bekerja sama dengan pengurus Masjid dalam kegiatan keagamaan dalam sosialisasi bahaya dan mencegah narkoba.

“Seluruh masyarakat terutama di Kelurahan Sungai Andai agar menjauhi narkoba, karena narkoba ini sangat merusak kehidupan baik sosial masyarakat. Dan untuk generasi muda agar melakukan kegiatan positif baik olahraga atau keagamaan,” tutupnya.

Editor: Eddy Dharmawan

Pos terkait

banner 468x60