Berkomitmen Tingkatan SDM, ITS Mandiri Bangun Kampus di Balangan

Ketua Yayasan Sapta Bakti Pendidikan Slametno saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan kampus

Wartaniaga.com, Paringin- Sebagai wujud peningkatan kualitas pendidikan serta Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, Institut Teknologi Sapta Mandiri (ITS Mandiri) di bawah naungan Yayasan Sapta Bakti Pendidikan (YSBP) melakukan peletakan batu pertama untuk gedung kampus baru di Batu Piring, Kabupaten Balangan, Jumat (8/3/24).

Seperti yang diketahui Institut Teknologi Sapta Mandiri merupakan satu-satunya perguruan tinggi yang ada di Bumi Sanggam yang diresmikan pada tahun 2022 lalu.

Ketua Yayasan Sapta Bakti Pendidikan, Slametno mengatakan bahwa saat ini pihaknya tengah melakukan peletakan batu pertama gedung kampus baru ITS Mandiri guna mengoptimalkan serta menunjang kegiatan perkuliahan.

“Ini salah satu program jangka pendek dan jangka panjang dari yayasan kami guna megoptimalkan Institut Teknologi Sapta Mandiri,” jelasnya.

Slametno juga menyebut bahwa tujuan lain dari pembangunan gedung baru ITS Mandiri adalah mengingat jumlah mahasiswa yang semakin banyak.

“Di tahun kedua ini jumlah masiswa di ITS Mandiri sudah mencapai 700 orang dan diperkirakan di tahun ke tiga akan mencapai 1.000 mahasiwa,” sebutnya.

Ia pun juga memaparkan mengenai luasan lahan yang pihaknya persiapan untuk gedung kampus baru ITS Mandiri adalah 5.000 meter persegi dan akan di tambah lagi 3.500 meter persegi.

“Serta saat ini kita dalam proses negosiasi untuk penambahan luas lahan di sebrang gedung sekitar dua hektare dan target pembagunan gedung tahap pertama pada Bulan Agustus mendatang,” paparnya.

Lebih lanjut, Slametno mengatakan, saat ini pihaknya juga tengah mengusahakan peningkatan status dari Institut Teknologi Sapta Mandiri menjadi Universiatas Sapta Mandiri.

“Sekarang sudah berproses dan insya allah kami targetkan di Bulan Agustus atau September izinnya sudah terbit, jadi di tahun ajaran baru statusnya sudah jadi universitas,” lanjutnya.

Senada, Rektor ITS Mandiri, Abdul Hamid, mengatakan bahwa tujuan dari adanya ITS Mandiri ini adalah untuk memberikan akses pendidikan kepada seluruh Masyarakat Balangan mapun luar Balangan dan merupan wujud komitmen dalam meningkatkan SDM di Balangan.

“Jadi bagi Masyarakat Balangan yang menempuh pendidikan perguruan tinggi tidak perlu lagi jauh-jauh karena nantinya kita akan menjadi satu-satunya universitan di hulu sungai,” katanya.

Hamid pun berharap, kedepannya melaui ITS Mandiri bisa lebih meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) baik dari segi pembangunan, kapasitas dan kompetensi serta kualifikasinya.

Reporter : Siti Nurjanah
Editor : Edhy Darmawan

Pos terkait

banner 468x60