Diduga Dipalsukan Tandatanganya, Edward Laporkan ke Polres HSS

Edward Manurung ( tengah) didampingi Kuasa Hukumnya, Dr Muhammad Pazri SHMH ( baju batik)

Wartaniaga.com, Kandangan- Edward Manurung warga Kecamatan kabupaten Hulu Sungai Selatan ( HSS) melaporkan salah seorang kepala desa di kabupaten setempat yang berinisial S ke Polres HSS pada Selasa (20/2).

Pasalnya, Edward menduga terlapor telah memalsukan tandatanganya pada surat tanah yang dimilikinya.

Kuasa Hukum Edward dari Boneo Law Firm, Dr Muhammad Pazri SH MH mengungkapkan dugaan pemalsuan tersebut diketahui bermula saat adanya sidang di Pengadilan Negeri Kandangan.

Berawal pada 7 Desember 2023 yang lalu, saat kesaksian pelapor dan bersamaan dengan diperlihatkannya bukti surat yang relevan dengan kesaksian pelapor diketahui bahwa terdapat tandatangan pelapor dalam bukti surat yaitu Peta Situasi tanah dan saksi-saksi batas tanah milik saudara S terhadap Surat Pernyataan Fisik Bidang Tanah Nomor : 117/SKT/KD-MD/Il/2018 tanggal 24 Maret 2018 atas saudara S. Padahal pelapor tidak pernah menandatangani surat apapun yang mengatasnamakan dirinya,” jelasnya usai menyerahkan laporan di Polres HSS.

Menurutnya, adanya dugaan pemalsuan ini, pihaknya mengajukan laporan sesuai dengan
Pasal 263 KUHPidana.

” Tandatangan klien kami tertera di Surat Pernyataan Fisik Bidang Tanah Nomor : 117/SKT/KD-MD/Il/2018 tanggal 24 Maret 2018 atas nama saudara S yang terletak di Desa Madang, Kecamatan Padang Batung, kabupaten HSS dengan luas 23.152.2 m² padahal klien kami tak pernah merasa menandatangani apapun,” jelasnya.

Atas peristiwa tersebut pelapor mengalami kerugian dan telah menyerang kehormatan atau harkat dan martabat karena tandatangannya telah dipalsukan dan dipergunakan tidak sebagaimana mestinya. Akibat peristiwa inilah Edward kemudian melaporkan Kades S ke Polres HSS.

Pazri mengaku akan tetap mengawal proses hukum yang sedang berjalan saat ini menggenai dugaan perkara Pemalsuan Tanda Tangan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 263 KUHPidana yang menimpa kepada kliennya.

” Kami berharap permasalahan yang saat ini dihadapi bisa berjalan dengan baik dan aparat penegak hukum bisa memproses secara profesional,” katanya.

Reporter : Amutz
Editor : Aditya

Pos terkait

banner 468x60