Cegah DBD, Pemkot Banjarbaru Lakukan Gertak Bapuputik

Wali Kota Aditya Mufti Ariffin secara simbolis memberikan bubuk Abate ke salah satu perwakilan pelajar (Foto:MCBjB)

Wartaniaga.com, Banjarbaru – Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarbaru melakukan Gerakan Serentak Banjarbaru Sapu dan Punahkan Jentik (Gertak Bapuputik). Bertempat di SDN 3 Cempaka, Jumat (23/2).

Gertak Bapuputik merupakan upaya Pemkot Banjarbaru dalam menangani dan mencegah penyebaran nyamuk Demam Berdarah Dengue lebih dikenal dengan DBD.

Kegiatan ini menjadi perhatian besar oleh pemerintah Kota Banjarbaru dalam memberantas sarang nyamuk Aedes aegypti yang menjadi faktor DBD.

Penyelenggaraan kegiatan ini di SDN 3 Cempaka, anak-anak dengan antusias dan diberikan edukasi tentang bahaya DBD serta sadar akan kebersihan dilingkungan.

Usai kegiatan, Wali Kota Banjarbaru HM Aditya Mufti Ariffin menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai upaya dan sosialisasi Pemkot Banjarbaru kepada anak-anak pelajar dan lingkungan sekolah.

“Kita berharap agar masyarakat Banjarbaru juga sadar akan kebersihan. Dengan kebersihan kita bisa menyingkirkan sarang dan tempat nyamuk berkembang biak, untuk itu perlu kesadaran kita semua,” ucapnya.

Dengan upaya tersebut lanjut Aditya, kita bisa menekan angka penyebaran nyamuk DBD, malaria dan penyakit yang disebabkan oleh nyamuk.

“Memang ada satu anak umur 3 tahun meninggal dunia. Awalnya memang kena DBD, namun meninggalnya itu ada komplikasi penyakit lain,” tandas Aditya.

Gertak Bapuputik tidak hanya di sekolah saja, tetapi terus disosialisasikan keseluruh kelurahan agar menekan kasus DBD di Ibukota Provinsi Kalimantan Selatan ini.

Editor: Eddy Dharmawan

Pos terkait

banner 468x60