Nunggak Pajak Dilarang Isi BBM di SPBU

Wartaniaga.com, Banjarmasin-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung bakal melarang pengendara yang menunggak pajak mengisi bahan bakar minyak (BBM) di SPBU.

Ketentuan ini diberlakukan sebagai upaya pemerintah untuk menertibkan masyarakat membayar pajak.

Kebijakan ini tercantum dalam surat pemberitahuan nomor 973/4476/VI.03/2023 tertanggal 19 Oktober 2023 yang ditujukan kepada seluruh pemilik SPBU di lampung

Pada surat yang ditandatangani oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Lampung, Fahrizal Darminto, tercantum empat poin instruksi, yakni:

1. Petugas akan mendata kendaraan yang mengisi BBM di SPBU.
2. Bagi Kendaraan yang menunggak pajak, akan diumumkan melalui speaker SPBU atau pengeras suara yang dibawa oleh petugas.
3. Petugas akan melakukan pemasangan stiker pemberitahuan pajak kendaraan bermotor terhadap kendaraan bermotor yang menunggak pajak.
4. Demi kelancaran hal tersebut, dimohon dukungan dan kerja sama pihak SPBU dalam pelaksanaan pendataan kendaraan bermotor tersebut.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Lampung, Adi Erlansyah, mengatakan pendataan kendaraan menunggak pajak di SPBU merupakan bentuk sanksi sosial.

Adi berharap kebijakan ini bisa memberikan efek jera dan masyarakat bisa taat membayar pajak.

“Nanti di SPBU akan langsung kita umumkan. Misalnya, motor dengan nomor pelat sekian belum membayar pajak dan tidak boleh mengisi bahan bakar sebelum membayar pajaknya,” kata Adi dilansir dari Radarpena, Selasa (7/11) lalu.

Meski demikian, diungkapkannya
Pemprov Lampung belum memastikan tanggal penerapan aturan tersebut.

Sementara itu, sejumlah Ojol menolak kebijakan yang akan diterapkan Pemprov Lampung ini.

” Bukan solusi yang baik, kami sangat menolak keras rencana Pemprov Lampung,” kata salah seorang pengemudi Ojol, Muhammad Nazar.

Menurutnya, para pemilik kendaraan yang mati pajak akan memilih untuk mengisi BBM di eceran pinggir jalan. ” Mereka akan memilih membeli di eceran, ini bukan solusi,” pungkasnya.

Editor : Edy Darmawan

Pos terkait

banner 468x60