Program SMB Bantu Pendidikan Agama Buddha di Balangan

Pembimas Buddha Kanwil Kemenag Kalsel Joko Budi Santosa, SE., M.Pd.B serahan baju rohaniawan kepada penyelenggara Buddha Kemenag Balangan

Wartaniaga.com, Paringin – Program Sekolah Minggu Buddha (SMB) adalah salah satu bagian penting dalam pendidikan agama Buddha di Indonesia, termasuk di Kabupaten Balangan.

Penyelenggara Buddha Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Hariani, S.Pd. MM menyatakan, bahwa program ini bertujuan untuk memberikan pendidikan agama Buddha kepada anak-anak agar mereka dapat memahami dan menerapkan ajaran agama Buddha dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya saat memberikan arahan dalam kegiatan pertemuan dengan Pembimas Buddha Kanwil Kemenag Kalsel di Vihara Buddharatana Tabuan, kemarin Sabtu (16/9/23).

Menurut Hariani, pertemuan ini menjadi ajang untuk memastikan bahwa bantuan operasional yang diberikan digunakan secara efektif dan efisien untuk kepentingan pendidikan agama Buddha di lingkungan sekolah minggu dengan harapan pendidikan agama Buddha di Kabupaten Balangan dapat terus berkembang dan memberikan manfaat besar bagi perkembangan spiritual anak-anak.

“Kita harus mengawasi pelaksanaan program dan memastikan bahwa dana yang telah disalurkan oleh Kementerian Agama digunakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” tambahnya.

Selanjutnya Hariani memberikan apresiasi tinggi kepada para peserta pertemuan yang terdiri dari pengurus dan guru-guru SMB di Vihara Buddharatana Tabuan.

“Mereka adalah individu yang berdedikasi tinggi untuk mendidik generasi muda dalam ajaran agama Buddha dan memastikan bahwa nilai-nilai dan tradisi agama Buddha tetap terjaga dan berkembang di kalangan anak-anak, ” imbuhnya.

Dalam pertemuan tersebut juga dilakukan penyerahan baju rohaniawan kepada penyelenggara Buddha Kemenag Balangan.

Pembimas Buddha Kanwil Kemenag Kalsel Joko Budi Santosa, SE., M.Pd.B menjelaskan, bahwa baju rohaniawan memiliki makna simbolis dalam praktik keagamaan dan menunjukkan identitas para penyelenggara Buddha dalam menjalankan tugas mereka dalam pendidikan agama Buddha.

“Semoga hal ini dapat memperkuat komitmen penyelenggara Buddha Kemenag Balangan terhadap tugas dan tanggung jawab mereka dalam memimpin sekolah minggu,” pungkasnya.

Reporter : Siti Nurjanah
Editor : Edhy Darmawan

Pos terkait

banner 468x60