Polri Peduli Budaya Literasi Bantu Tingkatkan Minat Baca di Balangan

Kapolres Balangan AKBP Riza Muttaqin saat memimpin giat program Polri Peduli Budaya Litererasi

Wartaniaga.com, Paringin – Program Polri Peduli Budaya Literasi hingga ke Polosok Nusantara digelar Polres Balangan dengan memberikan bantuan berupa buku pengetahuan dan pembelajaran. Kali ini Polres Balangan menyasar ke perpustakaan desa Inan, Paringin Selatan dan Panti Asuhan Nurul Iman desa Kalahiang, Paringin, Rabu (6/9/23).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Balangan AKBP Riza Muttaqin, S.H., S.I.K. diikuti para pejabat utama dan anggota Polres Balangan.

Kapolres Balangan mengatakan, bahwa Polri telah menginisiasi serangkaian program yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat dan mendukung perkembangan industri buku khususnya di Kabupaten Balangan.

“Kegiatan ini merupakan salah satu langkah konkret yang diambil oleh Polri dalam andil mencerdaskan anak bangsa melalui program “Polri Peduli Budaya Literasi,” ujarnya.

Buku yang didonasikan tersebut merupakan kumpulan buku buku yang dimiliki seluruh personel Polres Balangan.

“Buku yang terkumpul sebanyak 472 buah adalah buku pembelajaran untuk pelajar SD, SMP, SMA dan buku keagamaan, dan semuanya adalah buku milik personel Polres Balangan,” terang AKBP Riza.

Selain Polres Balangan, kegiatan ini juga dilaksanakan oleh Polsek jajaran Polres Balangan dengan mendonasikan buku pelajaran dan buku keagamaan ke beberapa sekolah hingga Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) yang ada di Kabupaten Balangan.

Program Polri tersebut menunjukkan komitmennya Polri dalam mendukung budaya literasi bagi masyarakat luas diseluruh pelosok Indonesia dan membudayakan Literasi sejak dini.

AKBP Riza menerangkan bahwa Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyatakan, “Budaya literasi adalah fondasi penting bagi kemajuan suatu bangsa dengan mendukung perkembangan industri buku dan meningkatkan minat baca masyarakat, kita dapat membangun Indonesia yang lebih cerdas dan berkembang.

Ia berharap langkah-langkah pro-literasi yang diambil oleh Polri mendapatkan dukungan luas dari berbagai pihak, termasuk penulis, penerbit, dan komunitas pendidikan.

Mewakili warganya, kepala desa Inan Sugianoor, yang menerima langsung bantuan buku tersebut mengucapkan banyak terima kasih tak terhingga bagi Kepolisian yang memiliki kepedulian terhadap minat baca bagi siswa hingga di pelosok desa.

“Meskipun sudah ada perpustakaan desa, namun masih minim buku referensi yang dapat dinikmati oleh warga desa Inan, dengan adanya bantuan ini, kami sangat terbantu dalam mencari sumber ilmu pengetahuan,” katanya.

Hal serupa juga diungkapkan oleh pimpinan panti asuhan Nurul Iman desa Kalahiyang, semakin banyak buku yang dibaca oleh anak anak panti membantu meningkatkan kemampuan dan pengetahuan tentang dunia luar.

Reporter : Siti Nurjanah
Editor : Aditya

Pos terkait

banner 468x60