Upacara Kemerdekaan RI ke 78 di HSU Berjalan Khidmat

Upacara hari Kemerdekaan RI ke 78 di kota Amuntai, kabupaten HSU

Wartaniaga.com, Amuntai – Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke – 78 di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) berlangsung aman, tertib dan khidmat.

Pj Bupati HSU, Zakly Asswan memimpin upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-78.

Sejumlah peserta upacara yang ikut dalam upacara kali ini diantaranya dari, unsur Forkopimda, Kepala SKPD HSU dan peserta dari perwakilan setiap instansi.

Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2023 ini, mengusung tema “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju.”

Acara dimulai dengan pengibaran bendera Merah Putih oleh pasukan pengibar bendera. Suasana hening tercipta ketika bendera Merah Putih berkibar di atas tiang dengan angin pagi.

Adapun petugas Pasukan Pengibar Bendera Pusaka, adalah merupakan perwakilan dari SMA/SMK se HSU.

Khalifah Istiqomah dari MA Mu’Allimin Alabio anak dari pasangan Syahran dan Ardiah yang terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih.

Selain, Khalifah, tiga anggota Paskibraka lainnya dari Kelompok 8 yang bertugas untuk mengibarkan bendera adalah, Henda Setiawan dari MAN 2 HSU sebagai Komandan Dampok 8, Akbar Redwan dari MA NIPA Rakha sebagai penggerek bendera dan M Alif Ramadani dari SMAN 1 Sungai Pandan sebagai pembentang.

Sementara itu, Letda Inf Mulyanto yang saat ini menjabat sebagai Pasiter Kodim 1001 HSU-BLG dipercaya menjadi Komandan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI.

Sehari sebelumnya, Paskibraka Kabupaten HSU dikukuhkan oleh Pj Bupati HSU Zakly Asswan di Aula Idham Chalid, Selasa (16/8/2023).

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang terpilih dari seluruh siswa-siswi SMA dan SMK sederajat se-Kabupaten HSU ini yang mengibarkan bendera dengan formasi 17-8-45.

Sebelum dikukuhkan, Paskibraka diminta membacakan Ikrar yang dipimpin oleh Pj Bupati HSU.

Usai membaca Ikrar tersebut, Pj Bupati HSU memimpin pengukuhan Paskibra. Ia juga menyematkan lencana sebagai tanda pengukuhan.

“Hari ini kami merasa bangga bersama putra putri terbaik di HSU yang akan mengemban tugas bersejarah sebagai pasukan pengibar Bendera Merah Putih pada upacara detik – detik Proklamasi 17 Agustus tahun 2023 tingkat HSU,” ucap Zakly, Rabu (16/8)

Ia menambahkan, menjadi anggota Paskibraka merupakan kebanggaan tersendiri. Pasalnya, ini merupakan peluang langka yang akan memberikan pengalaman berharga dalam mengemban tugas mulia, yaitu mengibarkan Bendera Merah Putih, terutama dalam rangkaian upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78.

“Sebagai penerus pejuang-pejuang yang terdahulu, maka harus berusaha amal untuk Indonesia itu yang terpenting dan jangan lupakan akan sejarah.” tutupnya.

Reporter : Darma Setiawan
Editor : Aditya

Pos terkait

banner 468x60