Pj Bupati Dukung 3 Raperda Inisiatif Dewan

Wartaniaga.com, Amuntai – Pemkab Hulu Sungai Utara ( HSU) terus berupaya memanfaatkan sektor perikanan dan pertanian untuk peningkatan ekonomi daerahnya. Hal tersebut diungkapkan Pj Bupati HSU, Zakly Asswan saat dengar pendapat 3 Raperda di Ruang Rapat Paripurna Lt.II Sekretariat DPRD HSU, Selasa (15/8).

Adapun 3 Raperda tersebut merupakan prakarsa DPRD yaitu Raperda tentang Penyelenggaraan Pertanian Tanaman Pangan dan Raperda Perikanan Air Tawar Berkelanjutan serta Raperda Pengelolaan dan Perlindungan Lingkungan hidup di Daerah.

Terkait Raperda tersebut menurutnya Pemkab mendukung dan menyambut baik mengingat tujuan dibentuknya Raperda inisiatif ini sangat membantu dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

” Raperda Pertanian misalnya dimana dalam Raperda tersebut termaktub pengoptimalan lahan pertanian tanaman pangan harus disesuaikan dengan kondisi geografis dan ekologis wilayah,juga pengoptimalan kwalitas dan kuantitas serta ke aneka ragaman hasil tanaman pangan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan , meningkatkan perekonomian pembangunan di daerah,” ujarnya.

Zakly Asswan berharap kepada Dinas Pertanian agar dapat mengkaji,mempelajari secara detail Raperda tersebut agar nantinya saat dilapangan tidak ditemukan kendala.

Sementara menyikapi Raperda tentang perikanan air tawar berkelanjutan Zakly tak memungkiri bahwa pembangunan sektor perikanan mempunyai peran penting dalam pembangunan perekonomian di daerah baik disektor pembudidayaan, pengolahan dan pemasaran harus dioptimalkan.

” Semoga dengan Raperda ini Pemerintah Daerah bisa lebih maksimal dalam upaya melindungi,memberdayakan serta memberikan fasilitas bantuan,” katanya.

Sedangkan pada Raperda ke tiga tentang lingkungan hidup kembali Zakly mengapresiasi dan mendukung Raperda tersebut mengingat di Raperda tersebut telah tertuang upaya pengelolaan lingkungan hidup, perencanaan, pemanfaatan, pengendalian, pemeliharaan sampai dengan ketentuan pandanaan dan sangsi – sangsi.

Reporter : Darma Setiawan
Editor : Aditya

Pos terkait

banner 468x60