Pemkab HSS Bahas Penyusunan RKPD 2024

Wartaniaga.com, Kandangan – Menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024, Pemerintah Kabupaten ( Pemkab) Hulu Sungai Selatan ( HSS) menggelar Forum Perangkat Daerah/ Lintas Perangkat Daerah di Aula Kecamatan Kandangan, Rabu (08/03).

Menurut Kepala Bappelibangda HSS, Arliansyahrial forum ini dilaksanakan berdasarkan permendagri No 86 Tahun 2017 dalam penyusan rencana kerja perangkat Daerah.

” Forum ini sebagai singkronisasi pelaksanaan urusan pemerintahan daerah yang nantinya diharapkan adanya usulan dalam rangka penajaman target kinerja,” ujarnya.

Dikatakanya, ini juga sebagai tidaklanjut dari sasaran program dan kegiatan serta lokasi dan kelompok sasaran yang telah disusun dalam rancangan awal Renja perangkat daerah.

“Dari Musrenbang Desa di Peroleh usulan jangka panjang sebanyak 1682 , dan pada Musrenbang di 11 Kecamatan ada sebanyak 351 Daftar pendek usulan rencana Pembangunan Prioritas Kecamatan terdiri atas bidang sosial kebudayaan sebanyak 52 usulan, Bidang Ekonomi 47 usulan dan infrastruktur sebanyak 252 usulan” terang Arlin

Sekretaris Daerah HSS, Muhammad Noor mengharapkan kegiatan yang dilaksanakan ini akan dapat menyelaraskan program, pendanaan dan kegiatan perangkat daerah kabupaten, dengan usulan program dan hasil muapsyawarah rencana pembangunan (musrenbang) kecamatan yang telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu.

Selain itu, Forum ini menurutnya untuk mempertajam indikator serta target kinerja program dan kegiatan perangkat daerah kabupaten sesuai dengan tugas dan fungsi perangkat daerah.

“Saya juga berharap agar kegiatan ini dapat menjadi sarana untuk optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan dan sinergitas pelaksanaan prioritas pembangunan daerah serta menyesuaikan pendanaan program dan kegiatan prioritas berdasarkan pagu indikatif untuk masing-masing perangkat daerah,” tuturnya.

Sekda berharap melalui forum perangkat daerah ini nantinya akan diperoleh masukan, saran, dan pendapat guna menyempurnakan rancangan RKPD yang telah disusun berdasarkan usulan prioritas hasil musrenbang rkpd di kecamatan beberapa waktu yang lalu, sehingga nantinya RKPD Kab. HSS tahun 2024 akan dapat memenuhi harapan semua pihak dan tentunya bermuara pada terwujudnya tujuan pembangunan daerah.

Sementara Ketua DPRD H. Akhmad Fahmi, mengatakan bahwa kegiatan hari ini merupakan pembahasan kembali usulan prioritas hasil musrenbang RKPD di kecamatan bersama DPRD, Pemerintah Daerah, dan delegasi kecamatan.

“Kami DPRD berharap usulan melalui pokok-pokok pikiran maupun saran dan harapan kami pada saat musrenbang di kecamatan semoga dapat masuk dalam RKPD,” ucapnya.

Reporter : Amutz
Editor : Aditya

Pos terkait

banner 468x60