Portal Satu Data HSU Permudah Pelaksanaan Pembangunan

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Amuntai- Ketersedian satu data yang berkualitas menjadi hal utama dalam perumusan kebijakan pembangunan sebagai alat kontrol dan monitoring terhadap implementasi perencanaan pembangunan.

Demikian ujar Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Hulu Sungai Utara (HSU), Husairi saat mengawali sambutannya saat membuka kegiatan Sosialisasi Satu Data Indonesia di Kabupaten HSU Tahun 2022, Kamis (4/8/2022) di Mess Negara Dipa.

Husairi mengatakan, Satu Data Indonesia merupakan tindak lanjut Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia untuk memperoleh data yang akurat, mutakhir, terpadu, mudah diakses dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Karenanya, sosialisasi yang kita laksanakan pada hari ini, menjadi upaya yang sangat penting untuk mendukung program Pemerintah Daerah yaitu reformasi tata kelola pemerintahan dalam upaya menciptakan pemerintahan yang baik dan bersih.” ucap Husairi.

BACA JUGA:  Begini Cara Penyuluh Pertanian di Tala Meningkatkan Wawasan

Hal penting yang harus diingat, ia mengatakan, bahwa penggunaan data yang tidak tepat, tentunya mengakibatkan kebijakan yang dilakukan untuk menangani permasalahan tersebut juga menjadi tidak tepat.

Untuk itu, Husairi mengatakan, pembangunan Satu Data Indonesia menjadi sangat penting. Dengan adanya satu data ini, data bisa menjadi sumber yang bisa diakses dengan batasan-batasan tertentu.

“Satu data membantu kita bekerja secara efektif, efisien serta tidak membatasi produktivitas di tengah keterbatasan interaksi mobilitas.” ujar Husairi.

Lebih lanjut, melalui forum Satu Data Indonesia tingkat Kabupaten Hulu Sungai Utara mendukung pelaksanaaan fokus pembangunan, terutama yang berkaitan targeting berbagai program pemerintah.

“Kami berharap, Sekretariat Satu Data HSU dapat mengkoordinasikan, memantau pencapaian, memberikan dukungan pelayanan teknis serta melaksanakan tugas-tugas lainnya yang mendukung kegiatan Satu Data Hulu Sungai Utara.” tutup Husairi.

BACA JUGA:  DPPPA HSU Gelar Pelatihan PPRG

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosandi) HSU, Adi Lesmana mengatakan, peran dari Diskominfosandi HSU adalah sebagai wali data yang bertugas memverifikasi dari produsen data Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

“Kita juga bertugas untuk menyebarluaskan informasi tersebut kepada masyarakat.” tutur Adi.

Adapun, Adi menjelaskan, Portal Satu Data Hulu Sungai Utara tersebut bisa diakses melalui website data.hsu.go.id. Dimana pengelolaan data yang terdigitalisasi, terkoneksi dengan portal Satu Data.

“Masyarakat bisa mencek data-data yang diperlukan atau semua stake holder, SKPD yang menginginkan data akan melalui portal Satu Data HSU.” katanya.

Lanjut, Adi mengatakan penyelenggara Satu Data Indonesia di HSU ini terdiri dari pembina data oleh BPS dan Bappelitbang wali data yaitu Dinas Kominfosandi. Produsen data adalah seluruh SKPD.

BACA JUGA:  Anak- Anak Senang Bupati Datang saat Vaksinasi

“Aplikasi ini (Satu Data HSU) sebenarnya sudah siap digunakan, tinggal produsen data mengirim data ke Diskominfosandi. Apabila sudah lengkap.” ungkap Adi.

Mantan Kabag Humat dan Protokol Setda HSU tersebut juga menyebut, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan pelatihan Bimbingan Teknis (Bimtek) Satu Data HSU.

“Jadi nanti para produsen data di SKPD-SKPD akan dilaksanakan Bimtek kepada para seluruh operator di masing-masing SKPD.” pungkasnya.

Reporter : Darma Setiawan
Editor : Aditya

Pos terkait