Abdul Hadi Lantik Pengurus BAZNAS Kabupaten Balangan

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Paringin – Sebanyak empat orang pengurus Badan Amil Zakat Nasional ( BAZNAS) kabupaten Balangan periode 2022- 2027 dilantik oleh Bupati Balangan H Abdul Hadi di ruang Aula Benteng Tundakan ,Kamis (4/8).

Empat orang pengurus yang dilantik yaitu Ketua Baznas Habib Muhammad Asegap,dan tiga orang wakilnya yaitu wakil satu Zainal Arifin,wakil dua H kamli Hasan ,wakil tiga Saiful Arif.

Pelantikan dihadiri para unsur Muspida, SKPD, tokoh agama, dan tokoh masyarakat kabupaten Balangan serta jajaran pengurus Baznas kabupaten HSU, dan kabupaten Tabalong

Ketua Baznas Provinsi Kalsel, Irhamsyah safari dalam sambutannya mengharapkan agar Baznas kabupaten Balangan lebih baik ,dapat saling berkoordinasi dengan pemerintah daerah, BUMD, dan perusahaan-perusahaan daerah.

BACA JUGA:  KONI Minta Inspektorat Audit Keuangan Pengkab Perbakin

Menurut dia, fungsi Baznas adalah perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, pelaporan dan pertanggungjawaban atas pengumpulan, pendistribusian zakat sesuai daerah kerjanya masing-masing.

“Kami mengharapkan kepada Baznas Kabupaten Balangan untuk lebih kerja keras lagi dalam mengejar target sesuai program kerja dan saling berkoordinasi dengan instansi terkait,” katanya.

Selain itu, memberikan pemahaman agar wajib zakat tak perlu lagi diminta, dengan telah memahami tentang pentingnya mengeluarkan zakat melalui Baznas, agar manfaat zakat juga dapat dinikmati oleh warga-warga yang benar-benar membutuhkan dan sinergis dengan program pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan.

Bupati Balangan H Abdul Hadi juga meminta, Baznas Balangan senantiasa mengumpulkan dana zakat secara maksimal dan dikelola dengan sebaik-baiknya, agar dapat membantu pemerintah daerah dalam mengurangi angka kemiskinan di kabupaten Balangan,ungkapnya.

BACA JUGA:  Kepsek Murung Sari 5 Raih Penghargaan Inspiratif Tingkat Nasional

“Belum optimalnya penghimpunan zakat, karena belum mantapnya kesadaran masyarakat, kami berharap Bazanas meningkatkan profesionalisme dalam melaksanakan peran dan fungsinya untuk pengelolaan zakat ini,” katanya.

Upaya tersebut, antara lain dengan melakukan berbagai macam inovasi dan terobosan dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berzakat.

“Membangun penguatan sistem dan peningkatan pengelolaan zakat yang berorientasi pada kepentingan umat sehingga dapat terorganisasi dan tepat sasaran,”Pungkasnya

Reporter : Siti Nur Janah
Editor : Aditya

Pos terkait