Dua Pemain Asing Resmi Gabung Barito Putera

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Barito Putera resmi menggandeng dua pemain asing untuk berlaga di liga 1 musim 2022 – 2023. Pemain yang memperkuat tim kebanggaan masyarakat Kalsel tersebut adalah Rafael Silva dan Ryota Noma.

Penandatangan kontrak dilakukan di kediaman founder Barito Putera, mendiang HA Sulaiman HB di Jalan Kampung Melayu Darat, Banjarmasin Tengah, Selasa (31/5) malam.

Pemain asal Brazil, Rafael Silva yang bergabung di Barito Putera pada musim lalu ini kembali dipercaya manajemen untuk menjadi juru gedor di barisan depan. Sementara itu, Ryota Noma, pemain baru berdarah Jepang ini didatangkan untuk menambah lini serang Laskar Antasari musim ini.

CEO Barito Putera, Hasnuryadi Sulaiman, membenarkan, Barito Putera telah melakukan penandatangan kontrak untuk dua pemain asing, Rafael Silva dan Ryota Noma. Keduanya dikontrak selama satu musim.

Alasan Rafael Silva dan Ryota Noma dikontrak, Hasnur mengatakan jika keduanya memiliki kemampuan skill, semangat, daya juang yang tinggi dan berjiwa Wasaka (Waja Sampai Kaputing).

BACA JUGA:  Barito Putera Optimis Curi Poin dari Madura United

“Kami yakin Rafa menunjukkan jiwa wasakanya, berjuang bersama-sama kita musim lalu di Bali dan kita harapkan dapat diteruskan Rafa di musim ini di Barito Putera,” ujar Hasnur.

Begitu pula, lanjutnya, beberapa pemain asing lain yang kembali dipertahankan seperti Rafael Oliveira alias Rafinha dan Renan Silva da Silva dinilai memiliki kualitas mumpuni. “Kita ingin pemain yang sudah bersama dengan kita ini tidak sulit lagi untuk membangun chemistry,” imbuhnya.
Awalnya, ungkap Hasnur, manajemen tak ingin memulangkan pemain Jepang, Kosuke Uchida. Tapi karena terbentur regulasi, pemain yang bersangkutan batal tidak bisa bermain di liga Indonesia pada tahun ini.

Berdasarkan masukan coach Dejan, akhirnya manajemen mendatangkan pemain Jepang lainnya, yakni Ryota Noma yang pernah bermain di Liga Serbia. “Kita lihat pemain ini memiliki fighting spirit dan jiwa wasaka yang tinggi juga saat bermain,” ungkap Ketua Asprov PSSI Kalsel ini.

BACA JUGA:  Zakly Aswan Kembali Terpilih Sebagai Ketua PGSI Kalsel

Hasnur menuturkan, kedua pemain ini juga dikontrak selama 1 tahun, sama dengan pemain Barito Putera lainnya yang sudah terlebih dulu bergabung.

“Kita ingin melihat dulu, apakah performanya masih tetap seperti yang kita harapkan atau berubah. Kalau tetap bagus, akan kita perpanjang di tengah musim nanti untuk musim berikutnya,” katanya.

Selanjutnya, Hasnur menambahkan, Barito Putera harus mengubah tempat pemusatan latihan, karena akan mengikuti turnamen pra musim 2022. Laskar Antasari tergabung di Grup B bersama Persija Jakarta, Madura United, Rans Cilegon FC dan Borneo FC selaku tuan rumah.

“Begitu kita tahu Barito Putera tergabung di grup B dan bermain di Samarinda, pelatih meminta kita mengubah tempat latihan. Jadi pemusatan latihan tidak lagi berpusat di Solo karena waktu yang mepet,” tandasnya.

BACA JUGA:  Tim Sepak Bola Popda Balangan Pasang Target Semifinal

Namun, lanjutnya, manajemen akan mengajak beberapa pemain berangkat ke Solo untuk bersilaturahmi dengan Habib Syech, sementara pemain lainnya tetap melakukan latihan di Kalsel.

“Kami sudah ada janji dengan Habib Syech, kami akan berangkat dengan beberapa pemain ke Solo. Pemain yang diajak khususnya yang domisilinya di daerah Jawa Tengah. Jadi, mereka sekalian bisa pulang dan ketemu dengan keluarganya,” imbuhnya.

Adapun penggawa Barito Putera yang akan bertolak ke Solo, sebut Hasnur, adalah Bayu Pradana, Bagus dan Bagas, Joko Ribowo, Nazar Nurzaidin, dan pemain senior Aditya Harlan dan Rizky Pora. “Mereka akan mewakili pemain lainnya,” pungkas Hasnur.

Reporter : Ahmad Syarif
Editor : Edhy Darmawan

L

Pos terkait