Bupati Balangan Bersama TNI-Polri dan Masyarakat Bergotong-Royong Membangun Ponpes Riyadhul Muhibbin

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Paringin – Bupati Balangan H Abdul Hadi bersama Kapolres Balangan AKBP Zaenal Arifin SIK, Komandan Kodim 1001 HSU/Balangan Letkol Inf Aldin Hadi serta orang tua santri dan masyarakat melaksanakan gotong royong di lingkungan Pondok Pesantren (Ponpes) Riyadhul Muhibbin, Desa Bungin, Kecamatan Paringin Selatan, Rabu (4/5).

Bupati mengatakan, kegiatan gotong royong yang digelar berupa pengecoran lantai dua Ponpes Riyadhul Muhibbin untuk pembangunan asrama putri.

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Balangan H Abdul Hadi turut memberikan sumbangan berupa 500 sak semen serta 2 unit mesin molen yang didatangkan dari Dinas PUPR Balangan, sementara dari panitia pembangunan Ponpes menyediakan 2 unit mesin molen.

“Untuk air PDAM mengerahkan 1 unit mobil tangki. Sedangkan untuk pasir, koral, ember, cangkul dan yang lainnya disiapkan oleh panitia pembangunan serta dapur umum disiapkan oleh Tim Tagana Dinsos Balangan,” ucapnya.
Lebih lanjut, H Abdul Hadi yang merupakan lulusan IAIN Antasari Banjarmasin ini mengatakan, dalam Al-Qur’an kata gotong royong atau kerja sama berasal dari kata ta’awun, di mana kata dasarnya berasal dari ta’awana-yata’awanu.

BACA JUGA:  Dukung Percepatan Vaksin, Koramil 1001-04/Batumandi Rutin Dampingi Warga Vaksinasi

Kata ini, jelasnya, memiliki konotasi saling menolong, yang berarti kedua belah pihak secara aktif melakukan pertolongan satu sama lain.

Karakter dasar manusia inilah yang menempatkan dirinya menjadi sebuah keniscayaan, dimana dalam mengarungi dan memenuhi kebutuhan kehidupannya di dunia ia tidak mampu hidup sendiri.

Dalam Al-Qur’an Surah Al-Maidah ayat 2, Allah SWT berfirman “Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebaikan dan takwa, dan jangan tolong-menolonglah dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya”.

“Ayat di atas menjelaskan tentang prinsip-prinsip kerja sama atau tolong-menolong. Dengan redaksi perintahnya, Allah menyuruh kerjasama untuk kepentingan kebaikan dan ketakwaan,” paparnya.

BACA JUGA:  Dinkes HSU Gelar Simulasi Vaksinasi

Oleh karena itu, lanjutnya, dengan adanya gotong royong bersama antara orang tua santri serta masyarakat Desa Bungin ini pada akhirnya Pemerintah Daerah bersama instansi lainnya ikut berperan turun ke lapangan untuk ikut bergotong royong dalam pembangunan Pondok Pesantren Riyadhul Muhibbin.

“Kegiatan ini mendapatkan berkah dan menciptakan rasa persatuan dan kesatuan, menghargai satu sama lain dan mempererat tali persaudaraan,” kata Bupati.

Turut membantu dalam gotong royong pembangunan Ponpes Riyadhul Muhibbin anggota Satpol PP Balangan, anggota Polres Balangan serta anggota Koramil Paringin.

“Mudah-mudahan dengan gotong royong ini pembangunan Ponpes Riyadhul Muhibbin bisa cepat selesai dan yang ikut membantu mendapatkan pahala dan keberkahan dari Allah SWT,” tutupnya.

BACA JUGA:  Meriahkan Bulan Suci Ramadhan Disporapar Gelar Lomba Bagagarakan Sahur

Reporter : Siti Nurjanah
Editor : Aditya

L

Pos terkait