Matangkan Persiapan Pilkades Serentak, Pemkab HSS Gelar Rakor

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Kandangan- Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry memimpin rapat kordinasi (Rakor) guna membahas persiapan dan pemantapan Pemilihan Kepala Desa serentak tahun 2022, di pendopo Bupati ,Rabu ( 2/3).

Kepala Dinas Pemberdayaan masyarakat dan Desa (DPMD) Susilo Adianto melaporkan sudah ada 69 Kepala Desa yang telah habis masa jabatannya, sedangkan pada 4 April 2022 ini ada 60 kepala desa lagi.

” Sisanya 15 Desa masih belum berakhir dan akan berakhir 2023 sampai dengan 2026, untuk data 129 desa yang ada tersebar disemua kecamatan di Kab HSS dengan jumlah TPS yang terdata sampai saat ini sebanyak 322 TPS”paparnya.

Susilo menyampaikan arahan Permendagri 72 tahun 2020, Perda no 8 tahun 2021 dan Perbup no 9 tahun 2022 tentang tata cara pemilihan Kepala Desa yang diharuskan adanya pembentukan tim dari Kabupaten, Kecamatan dan juga Desa, pihaknya telah membentuk Panitia Kabupaten , kecamatan hingga Desa. Untuk di desa sendiri telah melaksanakan tahapan pendataan DPS, DPTB yang selanjutnya nanti akan ditetapkan menjadi DPT.

BACA JUGA:  Kader Posyandu Dibekali Pengatahuan dan Keterampilan Pangan B2SA

“ Untuk tahapan pendaftaran calon kepala desa akan di ulai pada 28 Maret dilaksanakan selama sembilan masa kerja, jika yang mendaftar atau memenuhi syarat kurang dari dua orang, maka diperpanjang selama 20 hari berikutnya” jelas Kadis DPMD.

Pemilihan kepala Desa serentak di HSS akan dilaksanakan pada tanggal 2 Juni 2022 , dan pleno di TPS dan Desa serta tahapan seterusnya adalah penetapan Kepala Desa dimana hasilnya disampaikan oleh panitia kepada BPD, selanjutnya bPD melaporkan ke Bupati HSS melalui camat, Panitia Kabupaten, kecamatan dan desa diberi kewenangan untuk nantinya ada gugatan dan keberatan selain hal pidana akan difasilitasi secara berjenjang.

Sementara Bupati HSS Achmad Fikry mengatakan ada perlu kewaspadaan di titik rawan karena Pilkades ini sangat bersentuhan langsung dengan masyarakat dan calonnya pun dari desa itu sendiri, jadi ini yang berpotensi terjadi gesekan dan masalah – masalah konflik sosial.

BACA JUGA:  Bupati Wahid Serahkan 99 SK CPNS Formasi Umum

”Dengan jenjang kepanitian dari kecamatan hingga desa bisa meminimalkan terjadinya konflik,kita bisa deteksi dari awal apabila berpotensi dan segera ambil langkah”ucap Bupati.

Fikry berharap pelaksaan Pilkades serentak dapat dipersiapkan sebaik-baiknya. Dirinya meminta untuk jangan bermain-main untuk mengantisipasi yang tidak siap kalah serta titik rawan sangat berpotensi terjadi gesekan dan konflik di desa-desa.

“Persyaratan untuk calon Kepala Desa dipatuhi, jangan ada kebijakan sekali kebijakan akan berlaku kebijakan – kebijakan lainnya” harap Fikry.

Terakhir Bupati Fikry juga menyampaikan agar pelaksanaan Pilkades serentak dilaksanakan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan yang ketat.

Turut hadir dalam rakor tersebut, Sekda HSS Drs H Muhammad Noor MAP, Perwakilan Forkopimda HSS, Asisten I Setda HSS, Kepala OPD terkait, Perwakilan Kemeneg Kab HSS, Kasat Intel Polres HSS, para Camat se-Kabupaten HSS dan jajaran Dinas PMD.

BACA JUGA:  Banyak Laka Lantas, PT SDO Tambal Jalan Berlubang

Reporter : Amutz
Editor : Nirma Hafizah

Pos terkait