Giat IROTA Promosikan Potensi Wisata Daerah

  • Whatsapp
L

Wartaniaga.com, Martapura – Kegiatan Indonesia River On The Air (IROTA) yang diadakan oleh Anggota ORARI lokal Banjarbaru merupakan wadah promosi wisata daerah ke Nusantara bahkan dunia.

Mengudara dalam rangka IROTA dengan menggunakan radio komunikasi High Frekuensi pada 7.125 Mhz atau gelombang 40 Meter Band bisa menjangkau seluruh anggota amatir di Indonesia bahkan mancanegara.


Adapun pelaksanaannya di mulai sabtu 26 – 27 Februari 2022 dari pukul 03.00 UTC atau 11.00 wita sampai Minggu sore pukul 17.00 wita. Dalam kegiatan ini telah terlogshett sebanyak kurang lebih 4.000 stasiun amatir.

Bertempat di Aranaway yaitu wisata air dan pengunungan yang terletak di desa Kiram Kecamatan Karang Intan Martapura Kalimantan Selatan.(27/2)

BACA JUGA:  DHC 45 Bersama Mahasiswa dan HR Rescue Malutu Gelorakan Terus Semangat dan Nilai Juang 45

Achmad Mardony (YC7HYK) sebagai ketua pelaksana mengatakan bahwa kegiatan IROTA ini merupakan sarana latih diri menjadi Net Stasiun yang handal, baik dalam menerima berita atau mengirim informasi.

Selain itu, melalui IROTA ini bisa mempromosikan wisata daerah keseluruh Nusantara bahkan dunia sehingga lebih dikenal orang,”ujarnya.

Sementara itu, Zainal Arifin (YC7MLF) sebagai Oldman dan staf Ahli kegiatan sangat mendukung kegiatan IROTA ini.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat positif baik sebagai anggota amatir sebagai latih diri juga mengenalkan objek-objek wisata daerah,”ujarnya.

Zainal yang sering disapa om Lie ini mengatakan kegiatan IROTA ini menjadi contoh yang sangat baik dilaksanakan, didaerah lain juga bisa mencontoh kegiatan ini untuk mengenalkan objek wisata daerahnya.

BACA JUGA:  IDI dan Dinkes Tanbu Sambangi Korban kebakaran

Sebagai aktvator dalam kegiatan ini adalah, A Mardony (YC7HYK), Elya Wardhani (YG7HIO ), Rafiah (YD7MXI ), Zainal Arifin (YC7MLF), Mazia Supiani (YC7IIK), Abdul Rahman (YB7KLW), Suryanto (YC7JQF), Tulus Harjono (YC7KCY).

Acara berjalan dengan sukses dan didukung oleh cuaca yang bagus, penggunaan antenna wire doble bazzoka dengan radio IC 718 produk dari ICOM Japan untuk PSU menggunakan RTVC 60 Amper.

Editor : Eddy Dharmawan

L

Pos terkait