Menyambut IKN, Pemkab Kotabaru Inisiasi Kerjasama Lintas Provinsi

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Balikpapan- Pemkab Kotabaru menginisiasi kerjasama lintas Provinsi dan Kabupaten dalam bidang transportasi laut. Hal ini dilakukan karena beberapa daerah di Kalimantan akan menjadi penyangga ibu kota negara (IKN).

Kerjasama yang melibarkan 3 kabupaten dan 2 kota di 4 Provinsi tersebut dalam rangka membuka konektivitas bidang perekonomian seperti perdagangan, pertanian, peternakan setra sektor pariwisata.

Menurut Bupati Kotabaru, Sayed Jafar, upaya ini sebagai wujud program pemerintah pusat untuk membuka jalur tol laut.

“ Kita akan membuka rute kapal laut meliputi Kotabaru – Barru – Mamuju – Bontang dan Balikpapan, sehingga akan meningkatkan konektifitas antar kota, kabupaten dan provinsi, karena kapal ini nantinya memiliki kapasitas 2500 penumpang dan 450 kendaraan, yang akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Apalagi kota Balikpapan sebagai penyangga Ibu Kota Negara” kata Sayed Jafar
Ditambahkannya, Kotabaru, Balikpapan, Bontang dan Barru sebagai daerah pesisir, memiliki hubungan emosional yang cukup erat karena cukup banyak warga bugis bermukim di sana, sehingga masih ada kaitan kekeluargaan.

BACA JUGA:  Bupati HSS Terima Vaksin Perdana di Tahap 2

“ Ini sebagai modal penting yang akan semakin mempererat hubungan antar kabupaten dan kota tersebut, apabila ada sarana transportasi yang mudah dan murah,” lanjutnya saat pertemuan 3 pemda yang dihadiri langsung oleh Bupati Kotabaru, H.Sayed Jafar, SH, Bupati Barru (Sulsel), Suardi Saleh, dan Walikota Balikpapan (Kaltim), Rahmad Mas’ud, di Aula Balaikota Balikpapan, Selasa (11/1).

Sementara itu, Walikota Balikpapan menyebutkan bahwa kota Balikpapan yang akan menjadi penyangga ibu kota negara sangat membutuhkan pasokan di bidang pangan khususnya ayam dan daging sapi.
“Kami saat ini juga sedang berencana melalui perusahaam daerah, untuk membuka usaha penerbangan antara kota Balikpapan dengan kota-kota lain di Kalimantan, khusus nya Kotabaru dan Sulawesi” terang Rahmad Mas’ud.

BACA JUGA:  Tahapan Pilkada Batulicin Tahun 2020 Disosialisasikan

Sementara Bupati Barru menawarkan sektor pertanian dan peternakan sebagai potensi unggulan yang bisa dipasok ke Kalimantan.
Pada kesempatan ini, Bupati Kotabaru mengaku siap jika kabupatennya sebagai daerah penyuplai sektor perikanan dan potensial di bidang pariwisata yang sangat beragam.

Hadir juga pada acara tersebut Sekda Kota Balikpapan, Sekda Kabupaten Barru serta beberapa pimpinan perangkat daerah terkait dari ketiga Pemda.

Selanjutnya akan dilaksanakan pertemuan Pemda Kotabaru dan Pemda Barru dengan Pemerintah Kota Bontang pada besok Rabu (11/01/2022) di Bontang.

Reporter : Anaq

Editor : Ahmad Yani

Pos terkait