Manfaatkan Kotoran Ikan, Aquaponik Menjadi Solusi Pertanian Lahan Terbatas

  • Whatsapp

L

Wartaniaga.com, Amuntai-Salah satu kegiatan kemandirian yang umum dilakukan di Lapas Kelas IIB Amuntai adalah pertanian. Salah satu kegiatan pertanian yang dilakukan Wargabinaan adalah Aquaponik.

Aquaponik adalah sistem pertanian berkelanjutan yang mengkombinasikan akuakultur dan hidroponik dalam lingkungan yang bersifat simbiotik. Dalam akuakultur yang normal, ekskresi dari hewan yang dipelihara akan terakumulasi di air dan meningkatkan toksisitas air jika tidak dibuang. Dalam aquaponik, ekskresi hewan diberikan kepada tanaman agar dipecah menjadi nitrat dan nitrit melalui proses alami, dan dimanfaatkan oleh tanaman sebagai nutrisi.

Melalui Kasubsi Giatja, Bapak Dwi Suprapto, Lapas Amuntai sedang mengembangkan pertanian dengan sistem Aquaponik ini

“Diharapkan dalam sistem aquaponik ini akan terjadi siklus yang saling menguntungkan antar ikan dan tanaman”ujar Dwi Suprapto, Kamis (27/1).

BACA JUGA:  KOWAS, SBC dan Sri Huriyati Hadi Berikan Bantuan Iqro dan Al-Qur'an untuk Guru Mengaji

Dwi menambahkan, kotoran ikan yang ada di dalam kolam dapat berubah menjadi racun bagi ikan-ikan yang ada di dalamnya. Namun, dengan sistem aquaponik, diharapkan tanaman akan mengurai racun tersebut dan menjadikannya sebagai suplai oksigen pada air untuk ikan.

“Sementara, unsur hara yang terdapat dalam kotoran ikan bisa menjadi komponen baik untuk tanaman itu sendiri,”pungkasnya

Reporter : Siti Nurjanah
Editor : Edhy Dharmawan

Pos terkait