Tahun Depan Migrasi TV dari Analog ke Digital Dimulai

  • Whatsapp
Kunjungan pengurus KPID Kalsel ke Bupati HSU, H Abdul Wahid

Wartaniaga.com, Amuntai-Migrasi atau perpindahan dari televisi analago ke bentuk digital sudah mulai dilakukan pemerintah. Demikian dikatakan Ketua Komisi Penyiaran Independen Daerah (KPID) provinsi Kalimantan Selatan, Azhari Fadli saat silaturahmi dengan Bupati Hulu Sungai Utara ( HSU), H Abdul Wahid, Kamis (4/11) petang.

Dalam kunjungannya KPID ingin melakukan koordinasi dengan pimpinan daerah untuk mensosialisasikan undang undang cipta kerja nomor 11 tahun 2020 terkait migrasi dari Tv analog ke Tv digital.

“Tupoksi dari KPID adalah regulasi pengawasan dan pembinaan, dengan adanya undang undang ini adalah PR kita bersama, KPID tidak bisa sendiri, harus bersama pemerintah daerah untuk mensukseskan undang undang cipta kerja ini dan sesuai dengan harapan kita semua” ujarnya.

BACA JUGA:  Pelanggar Prokes Langsung Dirapid Test Antigen di Tempat

Selain itu, tambah Azhari migrasi ke siaran TV gigital, masyarakat cukup menambahkan perangkat Set Top Box (STB) jenis DVB-T2. Set Top Box jenis DVB-T2 inilah yang berfungsi mengubah sinyal digital menjadi gambar dan suara hingga bisa tertayang ke televisi lama.

“ Harga satu unit STB untuk mengubah tv analog menjadi tv digital berdasarkan harga di e commerce sendiri mulai dari Rp 250 ribu hingga Rp 600 ribu dan seterusnya,” katanya.

Analog switch off(ASO) direncanakan menjadi 3 tahap, pertama akan dimulai akhir April 2022, kedua akhir Agustus 2022 dan terakhir awal November 2022, sesuai arahan dari Kemenkominfo Johnny G. Plate

Selain Bupati H Abdul Wahid, pada pertemuan itu turut hadir Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika HSU, H. Adi Lesmana.

BACA JUGA:  DPRD Balangan Gelar Paripurna Peringatan Hari Jadi Ke-18

Reporter : Darma Setiawan
Editor : Ahmad Yani

Pos terkait