Ponpes Rakha HSU Peringati HSN

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Amuntai – Ribuan santri dan pengasuh Pondok Pesantren Rasyidiah Khalidiyah atau Rakha Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) tampak antusias memperingati Hari Santri Nasional (HSN)dengan menggelar upacara sekaligus menutup kegiatan lomba HSN ke-5 di halaman Gedung Dr KH Idaham Chalid. Sabtu (23/10)

Selain dihadiri para santri, kiyai dan ustadz, hadir pula Pengasuh sekaligus Ketua Umum Dewan Pengurus Ponpes Rakha, KH Husin Naparin Lc MA. Sedangkan Ketua PWNU Kalimantan Selatan sekaligus dewan pembina Ponpes Rakha KH Hasib Salim ditunjuk sebagai pembina upacara.

KH. Husin Naparin mengatakan Hari Santri Nasional adalah hari raya kita, dan dirayakan dalam bentuk penghormatan pemerintah Republik Indonesia kepada para santri yang mana pada waktu merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia banyak yang gugur banyak yang syaihid.

BACA JUGA:  Pentingnya Vaksinasi Guna Mendorong Herd Immunity

“Para ma’syech, parab habaib dan guru-guru kita, kita kenang mereka, semoga arwah mereka selalu dalam ketenangan dan ketentraman didalam kuburnya sehingga kita dapat berkumpul bersama mereka nantinya didalam syurganya Allah SWT”harapnya.

Melalui peringatan HSN ini, ia berharap Ponpes Rakha dan pondok-pondok pesantren lainnya di Indonesia akan berjaya sehingga dapat sukses menjalankan tugas membina manusia seutuhnya didalam membina akidah Ahlussunnah Waljamaah.

Selain itu, ia berpesan kepada para santri melalui Ponpes ini juga diharapkan dapat membimbing anak-anak santri kejalan yang benar, terutama untuk sholat fardhu lima waktu disempurnakan dengan sholat-sholat sunnah lainnya yang harus diutamakan.

” Mudah-mudahan peringatan hari ini bermanfaat untuk memperkuat ibadah akidah dan tahsyinul akhlak yaitu untuk memperbaiki akhlak kita, bagaimana cara bergaul dengan sahabat, dengan guru dan bagaimana cara bergaul dengan siapapun itu kita harus hormat kepada mereka” Pesannya.

BACA JUGA:  Bupati HSU Berdialog dengan Masyarakat Lewat Teleconference

Disamping pembacaan ikrar santri, diakhir upacara peringatan hari santri tersebut juga dilakukan penyerahan trophy dan piagam penghargaan kepada para pemenang dalam kegiatan lomba Hari Santri yang sebelumnya dilaksanakan oleh Ponpes Rakha Amuntai.

Adapun lomba yang dipertandingkan sebelumnya diantaranya; lomba Tahfiz Qur’an, sarhil Qur’an, pidato bahasa Arab, pidato bahasa Inggris dan lain-lain, sedangkan untuk juara umum yang memperebutkan piala bergilir kakanwil Kementerian Agama Provinsi Kalsel kali ini diraih oleh para santri Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran (STIQ)Rakha Amuntai.

Reporter : Darma Setiawan
Editor : Aditya

Pos terkait