Indocement Kembali Raih Dua Penghargaan di Bidang Lingkungan Hidup

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Kotabaru –PT Indocement Tunggal Prakarsa (ITP) Tbk. kembali meraih dua penghargaan bergengsi pada bidang lingkungan hidup. Pertama adalah, Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi 2021 dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), dan yang kedua adalah ASEAN Energy Awards 2021 dari ASEAN Center of Energy.

Direktur dan Sekretaris PT ITP, Antonius Marcos menjelaskan, Indocement mendapatkan penghargaan Subroto bidang efisiensi energi untuk kategori “Manajemen Energi di Gedung dan Industri-Inovasi Khusus”, dan Indocement mengajukan makalah inovasi berjudul “Penurunan Energi Spesifik pada Penggilingan Akhir Plant 14 dengan Manajemen Ekstraksi Klinker Silo”.

“Inovasi ini berhasil menghemat konsumsi energi listrik di Plant 14, Kompleks Pabrik Citeureup sebesar 3 juta Kwh per tahun serta berpengaruh terhadap mengurangi emisi CO2 sebesar 3.500 ton CO2 per tahun,” tuturnya.

BACA JUGA:  Polres Balangan Canangkan Wilayah Bebas Korupsi dan Bersih Melayani

Lebih jauh dijelaskannya, penyerahan penghargaan berlangsung secara daring pada tanggal 28 September kemarin, dimana penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri ESDM, Ir Arifin Tasrif kepada General Manager Indocement Kompleks Pabrik Citeureup, Setia Wijaya dan Deputy General Manager Operation Support Indocement Kompleks Pabrik Citeureup, Soegito C. Kurniawan.

“Ini merupakan ajang penghargaan efisiensi energi nasional yang rutin diadakan oleh Kementrian ESDM sejak 2012, sebelumnya penghargaan ini bernama Penghargaan Efisiensi Energi Nasional (PEEN) dan berubah nama pada 2018. Pada penyelenggaraan tahun 2021 terdapat 177 proposal dari seluruh perusahaan dan insan penggiat energi yang berkompetisi untuk memenangkan penghargaan pada 4 kategori,” terangnya.

Dilanjutkannya, Indocement juga mendapatkan penghargaan internasional ASEAN Energy Awards untuk kategori ASEAN Coal Awards 2021, pada sub kategori “Clean Coal Use and Technology Utilization for Industry Large Sub-Category” setelah memasukkan makalah dengan judul Sustainable Use of Coal for Better Life by Reducing SOx in Power Plant of Tarjun Factory.

Pos terkait