Disbunnak Kalsel Dukung Pengelolaan Lahan Bekas Tambang untuk Peternakan

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Provinsi Kalsel terus mendukung keberadaan peternakan pada lahan reklamasi tambang batubara.

Kepala Disbunnak Kalsel, Suparmi mengatakan hal tersebut menjadi salah satu program Disbunnak Kalsel dalam menciptakan keberadaan peternakan dilahan bekas pertambangan.

“Kewenangannya pada Dinas Kehutanan Kalsel untuk mengelola lahan, kalau sudah siap ditempati hewan, kami mendukung,” bebernya.

Ia mengatakan kolaborasi antara pertambangan dengan peternakan bukanlah hal yang baru, sudah ada beberapa peternakan yang melakukan kerjasama.

Lanjut, setelah reklamasi selesai, lahan baru bisa dimanfaatkan dengan baik untuk kebutuhan peternakan hewan sapi pada khususnya.

“Saya berharap intergrasi antara perusahaan tambang dan peternakan dapat dilakukan menyeluruh,” harapnya.

BACA JUGA:  Haderi Meneteskan Air Mata saat Mendapat Hewan Qurban dari Walikota Banjarmasin

Sementara itu, terkait pertumbuhan hewan jenis sapi tidak bakal berpengaruh, mengingat lahan yang digunakan sudah dilakukan reklamasi dan harus memenuhi unsur lingkungan hidup.

“Kalau lahan tidak memenuhi syarat reklamasi, tidak bakal akan dijadikan untuk lahan peternakan,” paparnya.

Penempatan peternakan hewan akan dilakukan secara bertahap tidak langsung secara besar-besaran. Adapun pada saat ini hewan sapi yang sudah ditempatkan dilahan tambang tumbuh dengan sehat.

Editor: Aditya

L

Pos terkait