Wabup Syamsuri : Utuh Aluh Upaya Menjaga Adat Istiadat Daerah

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Kandangan- Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), Syamsuri Arsyad menyebut pemilihan Utuh Aluh menjadi salah satu sarana menjaga adat dan istiadat daerah. Demikian diungkapkannya saat menghadiri hrans final Utuh Aluh HSS 2021, di Sanggar Pramuka Kandangan, Senin (23/8) sore.

Meski di tengah pandemi covid-19 , grand final Utuh Aluh HSS dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Setelah melewati beberapa tahapan seleksi penilaian Hingga pada Grand Final Nawas Syarif akhirnya berhasil dinobatkan sebagai Utuh HSS dan Nor Baiti sebagai Aluh HSS 2021.

Wabup Syamsuri Arsyad mengatakan melalui ajang pemilihan ini diharapkan akan menjadi salah satu upaya menjaga dan melestarikan nilai-nilai adat dan budaya daerah.

BACA JUGA:  Pertolongan Pertama Motor Mogok Usai Terjang Banjir

” Dari waktu ke waktu tradisi atau kebiasaan masyarakat semakin hilang dan pudar tergeser oleh Budaya barat dan Hendonisme serta gempuran teknologi Informasi yang semakin massif, sehingga sedikit sekali generasi muda yang mampu menyerap budaya serta tradisinya,” ujarnya.

Dikatakannya seperti yang di harapkan pak Bupati dalam sambutan tertulisnya , agar keikutsertaan mereka dalam ajang pemilihan ini, dapat menghasilkan Duta Wisata yang mampu mempromosikan Wisata Kabupaten HSS,Serta mengajak masyarakat untuk cinta pada Budaya Sendiri.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan HSS, Siti Erma mengutarakan melalui kegiatan ini pihaknya ingin membuktikan bahwa generasi muda daerah ini tidak bisa di pandang sebelah mata, karena mereka juga ikut mengambil peran dalam pembangunan serta dalam Hal-hal lainnya.

BACA JUGA:  Abdul Hadi Gali Wisata Alam Balangan sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Ekonomi Daerah

“Seperti di saat pandemi seperti ini, peran dari Utuh Aluh HSS 2021 juga dapat menjadi duta-duta yang akan mengambil peran dalam mensosialisasikan Protokol Kesehatan di masyarakat”, kata Erma.

Reporter : Amutz
Editor : Edy Dharmawan

L

Pos terkait