UMINDO: Strategi Membangun Entrepreneur Tangguh Berbasis Digital

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Jakarta- Pengembangan ekosistem kewirausahaan berbasis digital merupakan salah satu strategi pemulihan ekonomi di masa pandemi. Untuk tetap survive, diperlukan upaya membangun kesadaran yang tinggi kepada para pelaku entrepreneur dan UMKM agar bisa beradaptasi dengan kecanggihan teknologi dalam memperluas pasar ke seluruh Indonesia bahkan global.

Dilatarbelakangi hal itulah PP UMINDO menggelar Webinar via Zoom dengan Tema “Strategi Membangun Entrepreneur Tangguh Berbasis Digital” Sabtu, 14 Agustus 2021. Dengan menghadirkan sejumlah narasumber antara lain, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan, Asisten Deputi Pengembangan TI dan Inkubasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM Christina Agustin, Ketua Center For Strategic Entrepreneurial Leadership UI Roy Darmawan, serta Founder dan CEO Aku Cinta Memiles (ACM) Tarachan Mirchandani.

BACA JUGA:  Menko Perekonomian Harus Perkuat Staf dan Tim Ahli

PP UMINDO Alisya Fianne J Sanger yang juga bertindak sebagai moderator pada webinar ini mengatakan, ekosistem kewirausahaan berbasis digital memberikan kemudahan transaksi antara penjual dan pembeli yang cepat, murah, dan real time. Namun sebelumnya harus tercipta pelaku entrepreneur dan UMKM yang handal, maju, dan profesional.

“Dalam rangka menghasilkan produk-produk UMKM yang unggul dibutuhkan perluasan kapasitas melalui inkubasi kewirausahaan, baik dalam bentuk peningkatan kualitas SDM, peluasan pasar, akses permodalan, dan juga didukung perlindungan atau regulasi oleh kementerian atau lembaga terkait,” kata Alisya.

Pemerintah melalui kementerian dan lembaga terkait, lanjut Alisya, juga harus menggenjot pertumbuhan jumlah entrepreneur dan pelaku UMKM nasional dalam rangka membuka lowongan pekerjaan, meningkatkan kesejahteraan, dan tentunya berkontribusi terhadap perekonomian bangsa dan negara.
Sejalan dengan itu, PT Aku Cinta Memiles (ACM) juga terus melakukan upaya pengembangan terhadap UMKM agar bertransformasi ke digital. Berbagai fitur lewat aplikasi meMiles telah disiapkan guna mendukung ekosistem kewirausahaan berbasis digital.

BACA JUGA:  Trubus Harap LDKPI Mampu Kelola Dana Hibah

Sebagaimana diutarakan Founder dan CEO ACM Tarachan Mirchandani yang melihat permasalahan brain dan perluasan pasar menjadi kendala utama yang dihadapi UMKM di Indonesia. Untuk itu pihaknya mempersiapkan sistem yang dapat membantu UMKM mengatasi persoalan tersebut.

L

Pos terkait