Optimalkan Peran Desa, BNN HSS Buat Program Desa Bersinar

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Kandangan-Badan Narkotika Nasional ( BNN) kabupaten Hulu Sungai Selatan ( HSS) terus berupaya memberantas penyebaran narkoba salah satunya dengan program Desa Bersinar.

Hal ini dilakukan karena disinyalir peredaran narkoba sudah memasuki kawasan pesesaan.

Kepala BNN Kabupaten HSS, Agus Winarti mengatakan melalui program Desa Bersinar ini masyarakat diikut sertakan dalam program-program pencegahan dan penyalah gunaan narkoba.

Menurutnya program ini bertujuan agar masyarakat desa melek serta mengerti tentang bahaya Narkoba.

Selain itu, jika ada pecandu atau penyalah gunaan narkoba dibawa kemana dan bila ada tindakan pidana terhadap peredaran masyarakat mengetahui harus melapor kemana.

“Program Desa Bersinar, kita mendekatkan diri kemasyarakat melalui pembinaannya dari kita ke desa-desa,”katanya, Senin (7/6).

BACA JUGA:  Upacara adat Mallasuang Manu, di hadiri Bupati Kotabaru

Demi mendukung peogram tersebut pihaknya telah merekrut agen-agen pemulihan yang terdiri dari lima orang warga desa.

” Mereka dilatih dan diberikan pembekalan tentang rehabilitasi , mulai dari screening , dengan memberikan 10 pertanyaan pada setiap orang yang apabila skornya tiga ke atas, yang berarti orang tersebut harus mendapatkan penanganan rehabilitasi,”Jelasnya.

Sebaliknya kalau skorenya tiga ke atas maka akan di rehabilitasi di klinik BNNK dan jika skornya nol hingga dua atau kalau pernah coba pakai, maka cukup rehabilitasi di desa saja.

Dikatakannya, untuk HSS pada tahun 2021 ini ada dua desa yang ditunjuk yakni Desa Jambu Hilir dan Desa Lungau, sebagai Pilot Project.

BACA JUGA:  Program SARUNG  Sambangi Desa Sungai   Namang

” Disamping itu juga ada beberapa tempat kemudian yang di canangkan dan nantinya akan digerakkan sebagai Desa Bersinar,” paparnya.

Agus Winarti mengungkapkan pihaknya akan lebih menyasar pada komunitas -komunitas, tidak lagi sosialisasi kepada tokoh-tokoh masyarakat,tetapi langsung pada sasaran.

Reporter : Amutz
Editor : Nirma Hafizah

L

Pos terkait