Atasi Kelangkaan Darah HSS akan Punya Aplikasi Khusus Donor Darah

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Kandangan-Di bawah kepemimpinan Syamsuri Arsyad .S.AP, MA ,Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Fokus Penuhi Ketersediaan darah Untuk Masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Ketua PMI kabupaten HSS ini usai meninjau aksi donor darah masal dalam rangka Hari Donor Darah Sedunia yang diselenggarakan di Kantor PMI setempat ,Senin (6/7).

Upaya tersebut diwujudkan dalam bentuk aplikasi donor darah yang dapat diakses melalui smartphone. Nantinya melalui aplikasi ini masyarakat akan mendapat notifikasi sudah melakukan berapa kali donor darah dan kapan kembali akan melakukan donor.

Menariknya, sambung Syamsuri Arsyad pada aplikasi itu juga akan memunculkan Golongan darah pendonor serta keteraedian darah yang ada di PMI HSS.

BACA JUGA:  Sarinah Perjuangan Apresiasi Kerja Keras Kerja Cerdas Kerja Tuntas TNI

“Aplikasi ini tentu akan memudahkan bagi para pencari darah,sehingga tidak perlu repot-repot bertanya di media sosial atau melalui Whatsapp group, masyarakat tinggal mendownload di Playstore dan informasi terntang darah dapat di akses melalui aplikasi yang dalam waktu dekat Ini akan di lauching” jelasnya.

Berbagai upaya maksimal dilakukan untuk mengatasi kurangnya stok darah, PMI HSS telah memiliki estimasi stok kebutuhan darah untuk kab HSS, melalui moment Hari Donor darah sedunia ini.

Pihaknya juga telah menghubungi Stackholder dan masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya .

“Saat ini stok darah yang ada terbatas karena pendonor orangnya juga sangat terbatas. Salah satu faktonya ada masyarakat yang ingin mendonorkan tetapi ternyata tensinya tinggi sehingga tidak dapat mendonorkan darah dan kondisi-kondisi tertentu memang mengakibatkan pendonor akhirnya tidak dapat mendonorkan darahnya” ungkap Syamsuri.

BACA JUGA:  Puluhan Rumah Rusak Berat Akibat Diterpa Angin Kencang dan Hujan

Selain itu, PMI HSS juga akan melakukan jemput bola ke masyarakat untuk memenuhi ketersediaan stok darah. Dan sedang dicari format yang tepat termasuk fasilitas untuk tempat pendingin penyimpanan darah yang di ambil di Kecamatan. ” Ini merupakan bagian dari Program PMI HSS,” paparnya.

Bukan itu saja, sebagai upaya memotivasi masyarakat untuk mendonorkan darahnya, PMI HSS akan memberikan penghargaan bagi para pendonor aktif berupa pin emas untuk yang sudah melakukan donor sebanyak 100 kali donor.

Sementara Roni Runadi Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik ( Kesbangpol ) HSS yang pada kesempatan tersebut mendonorkan darahnya mengatakan dengan adanya kegiatan donor darah masal ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan darah bagi Masyarakat.

BACA JUGA:  Pelaporan Bupati Balangan Disinyalir Ada Unsur Politik

“Kami sangat bersyukur hari ini dapat mendonorkan darah, mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi masyarakat, kami juga berharap bagi masyarakat yang memenuhi syarat untuk bisa mendonorkan darahnya , karna dapat membantu mengisi ketersediaan stok darah di Kab HSS,” tuturnya.

Reporter : Amut
Editor : Aditya

L

Pos terkait