Pasca Tambang Terintegrasi, Capaian Reklamasi Adaro 100% Lebih

  • Whatsapp
L

Wartaniaga.com, Balangan-Reklamasi yang dilakukan PT Adaro terdapat kolam bekas galian tambang pada triwulan pertama 2021 mencapai 62 hektar. Setiap tahunnya perusahaan ini melakukan reklamasi berupa pengelolaan void atau kolam bekas lubang tambang selalu terpenuhi 100 persen dari target yang ditetapkan.

Compliance and Reporting Section Head pada HSE Department Adaro, Dodik Choiron mengaku pekerjaan ini merupakan tantangan besar pihaknya.

“Tantangan besar berupa pengelolaan void (kolam bekas lubang tambang) dengan pola kemiringan khas pengambilan batu bara Adaro. Pasalnya, posisi batubara Adaro yang miring membuat penanganan pada voidnya berbeda dengan tambang yang lain,” ujarnya, Rabu (5/5).

Namun, tantangan itu lantas dijawab melalui serangkaian riset tanah, dan pemantauan intens terhadap bentukan ekologi yang perlahan sudah berlangsung.

BACA JUGA:  Dikenal Dekat dengan Wartawan, Wabup Syamsuri Arsyad Bukber Bersama Forwah HSS

Menurut Dodik Choiron, saban tahunnya, target yang dibebankan pada Adaro melalui kementerian terkait untuk penghijauan area reklamasi, tak kurang dari 400 ha.”Kita selalu penuhi target itu, bahkan pernah melebihi dari target yang ditetapkan,”  ucapnya.

Setiap tahunnya, lanjut Dodik, implementasi dan pengembangan projek reklamasi yang beriringan dengan persiapan paska tambang, terus disampaikan pada kementerian Minerba, di daerah pun demikian, laporan itu juga disampaikan.

L

L

Pos terkait