Blusukan, Sri Huriyati Hadi Kembali Temukan ODGJ yang Dipasung

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Paringin-Mendedikasikan diri berkhidmat untuk mengabdi pada masyarakat, isteri dari Bupati Balangan, Sri Huriyati Hadi, rajin turun ke masyarakat di waktu-waktu luang di luar kedinasannya.

Bunda Sri begitu ia akrab disapa, setelah beberapa waktu kemarin menemukan orang depresi yang terpaksa harus dipasung. Kini Rabu (26/05) Ia kembali melakukan blusukan bersama Sahabat Balangan Center (SBC) dan Komunitas Wartawan Sanggam (KOWAS), menyambangi Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) yang terpaksa dipasung dalam keterbatasan dengan menggunakan rantai demi keamanan bersama, di Desa Batu Merah, Kecamatan Lampihong.

Sekitar satu tahun terakhir, Romansyah terpaksa dipasung (diikat) menggunakan rantai dan ditempatkan di ruangan paling belakang rumahnya. Pasien ODGJ tampak pasrah meski sesekali berontak dan membuat tangannya bengkak karena rantai pasungan.

BACA JUGA:  Bupati Kotabaru Terima Penghargaan Pengembangan Transportasi Antar Pulau

“Setahun lebih sudah ia terbelenggu oleh rantai, dikarenakan pernah beberapa kali mencoba menyerang bahkan merusak serta ingin membakar rumah tetangganya. Ia sempat beberapa kali pula dibawa ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sambang Lihum, namun dipulangkan karena ketika berada di RSJ, ia berperilaku baik seperti normal, sehingga pihak RSJ memulangkannya,” Jelas Rusidah orang tua dari Rumansyah

Pada kesempatan ini, Bunda Sri menemui secara langsung pasien ODGJ tersebut, ia sangat berempati kepada pasien dan keluarganya ini.

“Tentunya kita sangat berempati dengan pasien terlebih keluarga nya, yang merawat setiap harinya,” ungkap Bunda Sri.

Pos terkait