Pendidikan Vokasi, Indocement Perkuat SDM, Pendidikan Karakter Kepada Mahasiswa Dan Pelajar Di Kalimantan Selatan

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Kotabaru – Mendukung program Pemerintah sebagaimana Tag line “SDM Unggul Indonesia Maju dan Program Link and Match, PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Pabrik Tarjun, Kotabaru kembali menggelar kegiatan Voluntary Teaching yang berlangsung melalui jaringan virtual learning Zoom Meeting pada Kamis, (25/3).

Pada kegiatan tersebut, Indocement memberikan materi sosialisasi program pendidikan vokasi dan dilanjutkan program voluntary teaching dengan penyampaian materi dengan mengusung Tema Budaya Kerja Dan Perilaku Positif Dalam Pengembangan Potensi Membentuk Generasi Penerus Profesional Religius Melalui Karakter Tri Sukses, Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 86 peserta terdiri dari pakar pendidik, para dosen, mahasiswa/i, pelajar dari Universitas Lambung Mangkurat, Politeknik Banjarmasin, Politeknik Kotabaru, SMK Negeri 1 Kotabaru, SMK Negeri 2 Kotabaru, SMK Negeri 1 Simpang Empat, SMK Negeri 2 Simpang Empat, SMKS Kodeco Simpang Empat, SMKS Tunas Bangsa Batulicin dan tak lupa pula dari Lembaga Pendidikan, Lembaga Pelatihan Mitra Insan Kotabaru (MIP) Kotabaru.

BACA JUGA:  Abdul Hadi : SKPD Segera Koordinasi Dengan Provinsi Tanggulangi Kondisi Portal Dan Jembatan

General Manager PT ITP Tbk Plant Tarjun, Retnawan Widhiantoro Melalui Manajemen PT ITP Tbk Plant Tarjun, H. Teguh Iman Basoeki, mengatakan kegiatan yang digelar ini merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) Indocement di pilar pendidikan.

Lebih lanjut, Teguh mengatakan, pendidikan karakter dan revitalisasi pendidikan vokasi diperkuat dan hal ini sejalan dengan fokus pemerintah untuk membangun sumber daya manusia (SDM). Perhatian pemerintah tahun ini akan mulai beralih dalam peningkatan SDM, Penguatan pendidikan karakter yang sudah diperkuat dengan payung hokum perpres ini sejalan dengan program Revolusi Mental.

“Karakter adalah fondasi pembangunan manusia. Tanpa karakter kita tidak bisa menyiapkan manusia yang baik,” kata SHECSR Department Head PT ITP Tbk Plant Tarjun, pada awak media saat kegiatan rangkaian Giat Voluntary Teaching Vokasi Industri yang digelar pagi tadi.

BACA JUGA:  Kodim 1001/Amuntai Gelar Sosialisasi Balatkom dan Paham Radikal Tahun 2020

Dalam kegiatan pelatihan virtual learning kali ini dipandu Mantikei, SH sebagai Moderator Narasumber, Suryana, SE, MM, Opening Speech, Sr. Training Officer PT ITP Tbk Plant Tarjun, Restu Yuwono, ST.

Dalam paparannya, Narasumber, Suryana, SE, MM, menekankan pentingnya pendidikan karakter untuk setiap mahasiswa dan pelajar sehingga masing-masing dapat menjadi pribadi yang kuat, disiplin, jujur, sikap mental yang sehat termasuk sopan santun, kemampuan kerjasama dan telah menjadi kesadaran serta kebiasaan setiap saat dan juga menerapkan ASIST sehingga ketika nantinya masuk ke dunia kerja hanya tinggal dipoles saja, jelasnya.

Di kesempatan yang sama, salah satu dosen dari Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Fakultas Teknik, Dr. Isna Syauqiah, M.T bersama Kepala Sekolah SMKN 2 Kotabaru, M. Ramlie, S.Pd, MM sangat mengapresiasi dan menyambut positif dengan kegiatan yamg digelar oleh PT Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk. Plant Tarjun.

BACA JUGA:  Antisipasi Penularan Covid-19, Polres HSU Test Swab Anggota

Menurutnya, Dr. Isna Syauqiah, M.T, kegiatan vokasi yang digelar ini bertujuan membentuk karakter mahasiswa/i sebelum lulus, sekaligus persiapan menghadapi dunia usaha dan Era industri 4.0, ujarnya.

Lebih lanjut, M.Ramlie, S.Pd, M.M mengatakan Pendidikan karakter sangat penting bagi siswa karena mereka akan berbaur dalam lingkungan industri. Bukan hanya kemampuan, mental yang kuat juga menjadi tujuan utama, tuturnya.

“Bila fisik dan mental sudah kuat, perusahaan tinggal melatih kemampuan serta memberikan ilmu saat mereka praktik kerja industri. Ini akan berdampak positif  dan peserta didik tersebut,” tambahnya.

Dia berharap, Semoga hubungan yang terjalin dengan sangat baik dapat terus selalu bersinergi bersama dengan program vokasi Indocement, pungkasnya.

Reporter : Anaq
Editor : Ahmad Yani

L

Pos terkait