Disperkim-LH HSU Susun Raperda Air Limbah Domestik

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Amuntai – Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (Disperkim-LH) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) gelar rapat koordinasi persiapan pendampingan penyusunan rancangan Peraturan daerah (Perda) pengelolaan air limbah domestik.

Kepala Seksi Perencanaan dan Pelaksanaan wilayah 1 Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Kalimantan Selatan, Imam Mahmudi mengatakan kegiatan tersebut dimaksudkan agar Pemerintah Daerah Kabupaten memiliki instrumen regulasi dalam mengatur dan menyelenggarakan pengelolaan air limbah domestik dengan baik.

“Membantu Pemerintah Daerah Kabupaten dalam menyusun rancangan perda tentang pengelolaan air limbah domestik, Output utama kegiatan ini adalah naskah akademik serta Ranperda tentang pengelolaan air limbah domestik,” ucapnya, Senin (15/3).

Ia menyebutkan, dalam Prasarana dan sarana bidang sanitasi seperti : IPAL/IPLT dan TPA/TPST yang telah terbangun di kota/kabupaten, harus mampu memberikan pelayanan yang optimal dan berkelanjutan bagi masyarakat.

BACA JUGA:  Meriahkan Pembukaan TMMD Ke-109, Puluhan Anggota Polres HSU Donorkan Darahnya

“Kepala Daerah saat ini merupakan penggerak utama pembangunan yang menyeluruh dan berkelanjutan,” ujarnya.

Lanjutnya, pengaturan pengelolaan bidang sanitasi, pemerintah daerah dapat membentuk peraturan daerah (perda) pengelolaan air limbah domestik atau perda pengelolaan sampah untuk memberikan payung hukum bagi pengelolaan sanitasi sebagai penggerak sanitasi di daerah.

Pos terkait