Barito Putera Raih Kemenangan Gemilang Atas Arema

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Solo- Dalam lanjutan Piala Menpora, pada pekan kedua PS Barito Putera akhirnya mampu meraih kemenangan atas tim besar Arema Malang.

Kemenangan penting dibukukan Barito Putera atas Arema Malang dengan skor 2-1 pada laga kedua Grup A Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan Solo, Kamis (25/3/2021) malam. Dua gol Barito dicetak Alif Jaelani dan Beni Oktavianto di babak pertama, sementara gol hiburan Arema FC dicetak oleh Feby Eka Putra di babak kedua

Seperti janjinya, Djanur mencoba merotasi sejumlah pemain dengan menurunkan starting eleven berbeda dibanding saat melawan PSIS Semarang. Di sektor penjaga gawang, Djanur mempercayakan Riyandi menggantikan posisi Aditya Harlan yang kebobolan tiga gol pada pertandingan sebelumnya.

Sementara di lini belakang, Cassio De Jesus menandai comeback-nya ke lapangan hijau dengan menggantikan peran Dandi Maulana. Refqy Suryawan yang pada laga sebelumnya memulai laga dari bangku cadangan juga dipercaya tampil sejak menit awal untuk mengisi pos bek kiri.

BACA JUGA:  Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) Sediakan 30 Piala

Di tengah, Djanur masih mempercayakan kolaborasi Bayu Pradana, Alif Jaelani, dan Luthfi Kamal mengatur ritme permainan. Sementara di depan, Bissa Donald tampil sejak menit awal dengan ditemani Amrizal Umanailo dan Beni Oktavianto.

Strategi yang diterapkan Djanur terbukti moncer. Laga baru berjalan 10 menit, Laskar Antasari mampu unggul melalui gol Alif Jaelani. Berawal dari sapuan bola tidak sempurna dari kiper Arema Teguh Amiruddin, bola jatuh ke kaki Bissa Donald yang dengan tenang mengirimkan bola kepada Alif Jaelani. Dengan tenang, Alif menempatkan bola ke sudut kiri gawang Arema.

Unggul satu gol membuat Barito lebih nyaman dalam memainkan pertandingan. Hasilnya, pada menit 24 Barito kembali manggandakan keunggulan melalui aksi solo Run Beni Oktavianto. Skor 2-0 untuk keunggulan Barito bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, kendali permainan lebih banyak dipegang oleh Arema FC. Singo Edan terus berusaha membongkar pertahanan Barito guna mengejar ketertinggalan. Sebaliknya, Barito hanya bisa melancarkan sesekali serangan balik.

BACA JUGA:  Dinilai Usang, Saat ini Jukung Hanya Dimanfaatkan Pada Perlombaan

Terus digempur, pertahanan Barito akhirnya bobol juga. Berawal dari kemelut yang terjadi di depan gawang Barito pada menit 54, gelandang Arema, Feby Eka Putra berhasil menghukum kelengahan lini belakang Laskar Antasari. Gol tersebut membuat Arema FC kian bernafsu untuk menyamakan kedudukan.

Di sisa laga, kedua tim silih berganti melancarkan serangam berbahaya. Drama hadir di penghujung laga. Wasit memberikan penalti untuk Arema setelah Bagas Kaffa dianggap melakukan pelanggaran terhadap Johan Alfarizie. Padahal, dalam tayangan ulang tidak ada sentuhan berarti yang membuat kapten Arema tersebut terjatuh.

Untungnya, Barito punya M Riyandi di sektor penjaga gawang. Kiper Timnas Indonesia tersebut berhasil menahan sepakan penalti terarah Bruno Smith, dan memastikan tiga poin untuk Barito Putera.

Hasil ini membuat Barito menempati posisi kedua klasemen sementara Grup A Piala Menpora 2021 dengan raihan 4 poin. Laskar Antasari hanya kalah selisih gol dari pemuncak klasemen PSIS Semarang yang sebelumnya mengalahkan Persikabo 1973 dengan skor 3-1.

BACA JUGA:  Wabup HSS Dukung FTPI HSS Gelar Event Nasional

Usai laga, pelatih Barito Djajang Nurjaman mengaku bersyukur dengan hasil tersebut. Dirinya mengapresiasi perjuangan Bayu Pradana cs yang menunjukkan semangat juang kuat biasa sehingga berhasil mengakhiri laga dengan kemenangan.

“Pertandingan cukup berat, tapi kami bisa mencuri gol sehingga membuat pemain lebih nyaman. Apresiasi kepada para pemain, mereka cukup percaya diri, dan saya salut atas daya juang tinggi yang ditunjukkan. Mudah-mudahan ini menjadi ciri khas Barito Putera yang tidak menyerah sampai wasit meniup peluit akhir. Waja sampai kaputing,” kata Djanur.

Djanur juga memberikan acungan jempol atas penampilan luar biasa yang ditunjukkan M Riyandi pada pertandingan tersebut. “Acungan jempol bagi Riyandi yang bermain bagus malam ini. Penampilan luar biasa dari seorang penjaga gawang Tim Nasional. Puncaknya, dia bisa menepis tendangan penalti pemain Arema,” pungkasnya.


Penulis : Ahmad Yani

L

Pos terkait