Bank Indonesia Terus Dorong UMKM Go Digital

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Terus mendorong UMKM Kalimantan Selatan (Kalsel) mengembangkan usaha di tengah pandemi yang masih mewabah, Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Kalsel mengadakan Pagelaran UMKM Karya Kreatif Banua Go Digital di Atrium Duta Mall Banjarmasin, Sabtu (6/3).

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan pembukaan Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 seri 1 yang telah diluncurkan sebelumnya pada tanggal 3 Maret 2021 secara nasional, bertemakan sinergi globalisasi dan digitalisasi
UMKM dan sektor pariwisata.

Berikut akan berlanjut pada Juni dan Agustus 2021 untuk seri 2 dan 3, hal ini dilakukan dalam rangka komitmen BI mendukung movement manager Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, dan Bangga Berwisata Indonesia.

Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 6-7 Maret 2021 serta menhadirkan 12 UMKM binaan BI, dengan menampilkan karya kreatif khas banjar dan kuliner dan juga diikuti rekan-rekan perbankan yang memberikan sosialisasi terkait layanan produk perbankan termasuk dengan pembiayaan serta digital payment.

BACA JUGA:  Dari Kelinci Percobaan, Berakhir Menjadi Bengkel Fajar

Selain itu selama 2 hari dilakukan seminar dan talkshow dengan melibatkan narasumber dari BI, pelaku usaha, praktisi dan perbankan yang akan memberikan sharing terkait kiat-kiat untuk menjadi entrepreneur yang handal dengan memanfaatkan platform digital untuk meningkatkan daya saing UMKM tidak hanya skala domestik tetapi juga secara global.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan, Amanlison Sembiring mengatakan bahwa dalam menjaga keberlangsungan usaha UMKM perlu disikapi dengan perubahan dan adaptasi yang cepat terhadap situasi dan kondisi yang ada, dengan mendorong digitalisasi marketing dan UMKM komoditas berorientasi ekspor.

“Bank Indonesia mendorong dan memfasilitasi pengembangan kapasitas UMKM melalui program yang dirancang secara terintegrasi agar digitalisasi UMKM dapat terus ditingkatkan baik dari segi kapabilitas teknis seperti pemanfaatan e-catalogue. E-commerce, digital marketing dan termasuk juga pembayaran digital yang dapat dimanfaatkan UMKM dalam membantu kemudahan bertransaksi,” paparnya.

BACA JUGA:  Potensi Porang Kabupaten Balangan Menjadi Daya Tarik Perusahaan Luar Negeri

Dia menambahkan, kolaborasi sinergi serta pengembangan secara berkesinambungan menjadi kata kunci, agar semua pihak dapat bekerja sama bahu membahu membangun UMKM Indonesia. Untuk mendorong pengembangan ekonomi dan keuangan digital dapat tercapai khususnya diwilayah Kalimantan Selatan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang hadir, semoga pagelaran ini dapat memberikan nilai tambah berarti bagi Kalimantan Selatan. Ayo Bapak, Ibu semua, kita dukung UMKM dengan berbelanja produk-produk Nasional dan mari kita sukseskan Gernas Bangga Buatan Indonesia dan Gernas Bangga Berwisata Indonesia di Kalimantan Selatan dengan hashtag #DiIndonesiaAja,” ajak Amanlison.

Acara juga dihadiri Pj Gubernur Kalsel, Drs Safrizal ZA Msi, yang menyaksikan secara virtual, Riza Aulia Ibrahim Kepala OJK Reg 9 Kalimantan, Ph Walikota Banjarmasin, Drs Mukhyar M Ap, Ketua Deskranasda Prov Kalsel yang diwakili oleh H Mahyuni MT para undangan dan anggota Perbankan di Kalsel.

BACA JUGA:  Pengusaha Sambut Baik Kebijakan Kelonggaran Kredit

Reporter : Edy Dharmawan
Editor : Ahmad Yani

Pos terkait