Bersama Dekranasda HSU, Yayasan Rahim Bumi Gelar Bio Expo Gambut

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Amuntai – Yayasan Rahim Bumi yang berdiri ditahun 2018 dan merupakan salah satu yayasan yang peduli dengan kearifan lokal khususnya potensi daerah melakukan kegiatan pembinaan,pendampingan,serta membantu pemasaran hasil produk dari Masyarakat di daerah gambut khususnya di Kabupaten Hulu Sungai Utara(HSU) dan Kabupaten Balangan.

Farid Wajidi selaku Derektur Yayasan Rahim Bumi, Farid Wajidi mengatakan Yayasan Rahim Bumi berdiri selama 2 tahun telah melakukan banyak kegiatan guna meningkatkan produktivitas masyarakat.

“Kami memberikan pelatihan kepada para pengrajin diantaranya pemanfaatan bahan non kimia dalam proses pembuatan kain sasirangan,” ucapnya saat pembukaan Bio Expo Desa Peduli Gambut Kalimantan Selatan di Kalakai Galery desa Matang Siran Kecamatan Banjang HSU ,Rabu 25 November 2020.

BACA JUGA:  ANIS Programkan Pelayanan Kesehatan Masyarakat Berobat Gratis

Ia mengatakan dalam hal pembinaan pengrajin juga merasa bersyukur, dimana Dekranasda HSU melalui Ketuanya Hj. Anisah Wahid selalu memberikan dukungan dan turun langsung kepengrajin untuk memberikan trik serta motivasi motivasi dalam menjalankan kegiatan, disamping itu dukungan dari instansi terkait yang ada di daerah HSU dan Balangan.

Selain itu dukungan juga terus mengalir dari Kepada Badan Restorasi Gambut kami juga bersyukur atas arahannya melalui Deputi 3 Bidang Edukasi,Sosialisasi,dan Kemitraan pada Badan Restorasi Gambut. Sehingga kegiatan selama ini benar-benar dapat memberikan manfaat bagi pengrajin.

Lanjutnya, saat ini pihaknya melakukan Pameran hasil dari olahan atau produk dari pengrajin dilahan gambut, dimana dalam pameran tersebut menampilkam kerajinan dan olahan makanan seperti Kue,minuman kesehatan yang tentunya kesemuanya itu merupakan hasil binaan dari yayasan Rahim Bumi dan sudah pasti berbahan dasar lokal dan organik.

BACA JUGA:  Bupati HSU Didaulat Menjadi Ketua Pelaksana Satu Abad Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah

Senada dengan hal tersebut, Deputi 3 Bidang Edukasi,Sosialisasi dan Kemitraan pada Badan Restorasi Gambut Myrna A Safitri mengatakan selaku Deputi 3 yang bertugas sudah bebaerapa tahun di wilayah Kalimantan Selatan, Kabupaten HSU banyak memberikan inspirasi dalam menjalankan kegiatan yang berkenaan dengan lahan gambut.

Pos terkait