Banyak Korban PHK Pilih Menggeluti Usaha Rumahan

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Di masa pandemi Covid-19, korban pemutusan hubungan kerja (PHK) banyak memilih untuk menggeluti usaha rumahan atau menjadi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Tetapi, apakah itu berjalan lancar, hal ini masih menjadi keraguan berbagai pihak karena untuk memulai UKM diperlukan modal serta waktu untuk mengembangkannya.

Asisten 1 Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdako Banjarmasin, Ir Doyo Pudjadi mengatakan kondiai itu dikarenakan lapangan kerja semakin sedikit dan dunia usaha semakin sempit karena tekanan masa pandemi.

“Disamping PHK, lapangan kerja juga tidak ada, maka dari itu membuka usaha kecil mungkin jadi pilihan masyarakat khususnya di Banjarmasin,” katanya, Senin ( 5/10).

Kebanyakan warga membuka usaha dengan berdagang, namun masa depan usaha ini tergantung pada usaha dagang apa yang dijalani.

BACA JUGA:  Alumni Akuntansi Berpeluang Raih Beragam Sektor Lapangan Kerja

“Untuk itu, kita di Pemkot Banjarmasin akan memberikan pelatihan serta bantuan modal, sehingga usaha yang dibangun masyarakat lebih maju lagi,” katanya.

Ditambahkannya, langkah yang dilakukan korban PHK ini sudah tepat tinggal bagaimana mengembangkan usaa yang mereka jalankan saat ini.

” Kami sangat mendukung para pelaku UMKM yang ada di Banjarmasin, baik melalui pelataihan maupaun dukungan permodalan,” tandasnya.

Meskidemikian, ia mengingatkan pelaku UMKm juga mampu melihat peluang usaha apa saja yang bisa dikembangkan.

” Tanpa ada rencana dan keahlian , UMKM masih sulit maju,” ucap Doyo.

Reporter : Ahmad Yani
Editor : Didin Ariyadi

Pos terkait